Monday, September 5

Review #1 - Sungkyunkwan Scandal 1, Jung Eun Gwol.


Judul: Sungkyunkwan Scandal 1 (Skandal di Sungkunyunkwan 1)
Penulis: Jung Eun Gwol
Penerjemah: Adji Annisa Zakiadini
Penerbit: NouraBooks, PT Mizan Publika (Cetakan 1, Oktober 2012)
Halaman: 427
Harga: 0 (Buku pinjaman, hihihi)
Nilai: 5/5


Sungkyunkwan scandal adalah sebuah novel terjemahan yang berasal dari korea. Novel ini sangat laris di pasar korea bahkan hingga menjadi drama. Ini merupakan karya Jung Eung Gwol kedua yang saya baca. Yang pertama kali saya baca yaitu The Moon That Embraces The Sun. Namun ini kali pertama saya secara resmi mereview buku dan mempostingnya ya. Hehe. Saya nge-fans ya dengan Jung Eun Gwol ini, kedua-dua novelnya yang saya baca berlatar sejarah dan kata-kata yang tertata di dalamnya begitu indah, mendetail dan super sekali.

Sungkyunkwan scandal memiliki bab yang sedikit. Kisahnya yaitu tentang mahasiswa yang kuliah di Sungkyunkwan. Sungkyunkwan ini adalah sebuah nama universitas yang tua di korea. Setting novel ini pun sejarah ya. Novel tradisi dengan detail yang sangat lengkap dan banyak sekali pengenalan budaya di dalamnya. Memang banyak sekali istilah istilah korea di dalamnya. Namun tenang saja. Di ujung lembar terakhir ada penjelasan dari istilah-istilah itu.

Ini kisah tentang “Seorang gadis muda... dalam mencari jati diri... meruntuhkan dinding tradisi.”
Gadis muda itu bernama Kim Yoon Hee. Dia bekerja sangat keras untuk kehidupan keluarganya yang miskin dan terasing. Dia terpaksa harus menjadi laki-laki agar bisa bekerja.
Dia bekerja menjadi seorang joki di ujian. Saya mumet banget dengan banyaknya ujian di korea ya, ujian sasu lah, ujian saengwonshi, ujian jinshashi. Mungkin sama dengan yang di Indonesia, misalnya tes SBMPTN, ujian mandiri, ujian tulis, tes cpns dan ujian-ujian yang lainnya. Namanya juga bahasa dan budaya korea ya, ya gitulah.

Waktu berjalan, takdir membawanya menjadi mahasiswa di Sungkyunkwan. Kampus para elit dan bangsawan. Dia sangat beruntung bisa berkuliah disana, karena dapat dipastikan dia memperoleh uang dan terkadang makanan untuk diberikan kepada keluarganya. Dengan kuliah di Sungkyunkwan dia menggunakan nama adiknya Kim Yoon Shik. Kim Yoon Shik ini sakit-sakitan. Sehingga Kim Yoon Hee kuliah di sana agar bisa jadi pejabat pemerintahan atau PNS lah istilah Indonesianya.
Cerita sangat menarik ketika muncul si pemeran tokoh utama pria, Lee Seon Joon. Putra seorang perdana menteri. Tampan, cerdas, rupawan, kaya. Perfect. Masalahnya dia menyukai Yoon Hee. Dia merasa dirinya gay karena nggak tahu sebenarnya Yoon Hee itu perempuan yang menyamar menjadi laki-laki. Haha.

Romansa dalam novel ini sangat menarik perhatian saya. Romansa yang tidak berlebihan dan sangat menghibur karena penuh kelucuan.
Di Sungkyunkwan Scandal bagian 1 ini, muncul juga 2 tokoh utama lainnya. Yaitu Gu Yong Ha dan Moon Jae Shin. Yang terakhir adalah favorit saya. Saya lebih dulu nonton dramanya saat saya masih SMP. Si Moon Jae Shin alias Geol Oh ini diperankan oleh Yoo Ah In. Aktor korea super duper tampan, wajahnya wajah badboy tapi. Pokoknya ganteng banget.
Novel ini juga sangat kocak. Seon joon bahkan pernah berkata di dalam hatinya seperti ini “Gila. Aku melihat seorang pria dan jantungku berdegup. Betapapun cantiknya, dia tetaplah pria.” Saya ngakak di bagian ini. Lucu sekali.
Para tokoh lainnya si Yong Ha dan Geol Oh juga sepertinya menyadari kalau Yoon Hee ini bukanlah seorang pria. 

Kisah berlanjut di novel kedua, Sungkyunkwan Scandal 2, karena cinta tidak buta.


Review dilanjutkan di postingan berikutnya ya... Sungkyunkwan Scandal 2.

No comments:

Post a Comment