Tuesday, June 5

Ngomongin Cita-Cita

Citacitaku ingin jadi dosen semakin besar. Bukan ku ingin bagaimana bagaimana terhadap dosen2 di kampusku. Tapi melihat bagaimana mereka memperlakukan kami para mahasiswa, aku jadi ingin jadi dosen. Aku ingin memperbaiki ini, ya meski aku tau, aku cuma bisa mulai dari diriku sendiri dulu. Aku merasa negeri ini membutuhkanku. Sudah banyak orang pintar, tapi attitude mereka hmm. Terhadap kami yg bodoh ini, cara mereka memandang kami cukup hmm, sulit dijelaskan. Catatan: tidak semua dosen begini ya, namun mayoritas. Ini pandanganku dan pengalamanku selama kuliah, perbedaan tentu bisa terjadi.

Dosen2 ku baik baik, inspiring, cerdas luar biasa. Namun, aku dapati beberapa orang, untuk engage di kelas saja tidak berani. Kami, mahasiswa, ketakutan. Bayangkan?

Kalau aku jadi dosen kelak, aku tidak ingin menyakiti mahasiswa. Selalu ada jalan untuk menasehati mereka dengan baik. Yang disampaikan dari hati, akan sampai ke hati.

Tidak perlu menyudutkan dan berkata kasar. Jangan pernah lakukan itu.
Jadilah lembut.
Jika mereka salah, sekali, tolerir. Namanya juga manusia.
Anggap mereka keluarga, anak sendiri.
Bimbing dan beri contoh. Jangan cuma kasih tau ini itu salah, tapi contoh yg benar itu seperti apa gak dikasih tau.
Terima kritik, kita manusia, kita juga pasti khilaf dan lupa.
Jika memberi tugas, beri tugas yang membangun, bukan membunuh.

Ingatkan ku pada janjiku. Meski ku tak tau, bagaimana masa depan. YaAllah, engkau tahu yg terbaik untukku. Aku hanya perlu belajar, bekerja dan berdoa yang rajin dan keras. InshaAllah.


No comments:

Post a Comment