Obligasi vs Deposito

Hi pembaca blog It's Kiky! Kali ini aku kembali menyapa kalian dengan membawa ilmu pengetahuan seputar investasi. Spesifiknya yakni mengenai perbandingan obligasi dengan deposito. Oke tanpa perlu banyak basa basi selamat membaca dan menyimak yaaa^^ Semoga berfaedah❤︎ 

Kesadaran investasi di masyarakat sekarang ini semakin besar. Salah satu produk investasi yang semakin dipercaya dan aman adalah obligasi. Salah satu jenis investasi di pasar modal ini bisa mulai dari 1 sampai 10 tahun hingga jatuh tempo.

Dengan modal yang relatif kecil, mulai dari Rp 1 juta kamu sudah bisa berinvestasi. Modal tersebut bisa kamu investasikan dengan keuntungan yang jauh lebih besar daripada deposito.

Nah, bagaimana perbandingan antara obligasi dan deposito ini?

Obligasi VS Deposito

Ada perbedaan secara signifikan yang membuat obligasi lebih menguntungkan daripada deposito. Nah, bagaimana perbedaan antara keduanya, dan mana yang lebih menguntungkan?

  • Dilihat dari besaran pajak yang dibebankan antara deposito dan obligasi berbeda. Untuk deposito kamu diwajibkan untuk melakukan pembayaran pajak penghasilan sebesar 20%. Sedangkan untuk obligasi hanya sebesar 15% saja.
  • Dilihat dari sisi timbal balik yang diberikan antara deposito dan obligasi juga berbeda. Obligasi merupakan investasi di pasar modal yang keuntungannya juga pastinya mengikuti pasar. Berbeda dengan deposito yang mengikuti bunga tahunan yang telah ditentukan. Melihat dari sisi tersebut, timbal balik dari obligasi pemerintah ini jauh lebih besar, dibandingkan dengan deposito.
  • Dilihat dari sisi capital gain yang didapatkan, obligasi memiliki potensi itu karena bisa diperdagangkan di pasar sekunder. Berbeda dengan deposito yang sama sekali tidak memiliki capital gain. Sehingga keuntungan dari deposito tetap dan tidak bisa lebih besar.
  • Dilihat dari sisi tenor, deposito memiliki jangka waktu yang lebih pendek dibanding obligasi. Hal ini membuat obligasi memiliki peluang investasi yang lebih besar, karena keuntungannya juga lebih besar.

Dari perbandingan tersebut investasi produk Obligasi Ritel Indonesia ini sangat menarik dan memiliki prediksi keuntungan yang lebih besar. selain itu, modal untuk obligasi juga bisa kembali dengan keuntungan yang diprediksikan, apabila kamu bisa bersabar hingga jatuh tempo.

Dengan kata lain, obligasi juga bisa dikatakan sebagai produk investasi yang bisa menyeimbangkan antara produk investasi lainnya. Tidak terlalu rendah dibandingkan deposito, dan tidak terlalu tinggi dibanding dengan saham ataupun valas yang memiliki resiko cukup besar.

Keuntungan Investasi Obligasi

Beberapa keuntungan yang ditawarkan obligasi adalah sebagai berikut:

  • Memiliki beberapa manfaat dari bunga. Dimana bunga dari obligasi ini akan memiliki peluang keuntungan yang semakin besar jika jangka waktunya juga lama.
  • Adanya capital gain yang selalu lebih tinggi dari harga beli. Ketika kamu membeli obligasi dengan harga awal sebesar 100%, maka keuntungan saat kamu menjual sesuai dengan durasi waktu atau tenornya akan bisa bertambah besar. Misalnya saat menjualnya kamu mendapatkan 115%, maka keuntungannya bisa mencapai 15% dari pembelian awal.
  • Memiliki tingkat keamanan yang sangat tinggi. Tingkat keamanan dari obligasi ini dijamin undang-undang. Seperti yang tertera dalam UU No. 24 tahun 2002 dan juga UU No. 19 tahun 2008.
  • Suku bunga yang ditawarkan dari produk obligasi ini lebih tinggi daripada suku bunga deposito.
  • Obligasi merupakan produk investasi di pasar perdagangan yang juga diatur oleh Bursa Efek Indonesia. Sehingga sangat mudah untuk diperdagangkan di pasar sekunder.
  • Obligasi juga bisa dijadikan sebagai jaminan. Untuk jenis obligasi ini bisa kamu pilih dari jenis obligasi pemerintah.

Investasi ini menjadi salah satu investasi yang sangat tepat untuk dijalankan. Kamu akan mendapatkan banyak keuntungan jika menggunakan cara yang tepat dalam berinvestasi obligasi ini.

Keuntungan Membeli Obligasi di digibank by DBS

Produk obligasi bisa kamu dapatkan dengan mudah melalui Aplikasi digibank by DBS. Berikut ini ada 4 USP keunggulan produk yang bisa kamu dapatkan:

  • Kamu tidak perlu bingung untuk mendapatkan obligasi. Cukup instal Aplikasi digibank by DBS di smartphone kamu sekarang juga, kamu akan langsung mendapatkan layanan selama 24 jam penuh tanpa harus ke cabang.
  • Obligasi dari digibank by DBS juga mendapatkan kupon rutin setiap tanggal yang sama per bulannya. Jadi kamu akan mendapatkan penghasilan dari imbal hasil secara rutin.
  • Untuk berinvestasi melalui obligasi ini sangatlah mudah dan murah. Kamu hanya cukup memiliki modal Rp 1.000.000 saja untuk bisa ikut berinvestasi. Pastinya keuntungan kamu akan lebih besar jika menggunakan modal lebih dari Rp 1.000.000 dengan batas waktu tenor yang bisa kamu tentukan sendiri.
  • Obligasi di digibank by DBS memiliki resiko yang sangat rendah, namun memiliki keuntungan yang lebih tinggi dari deposito. Karena obligasi ini diatur oleh UU dan dijamin oleh negara, dan pastinya setiap jatuh tempo kamu akan mendapatkan keuntungan yang berlipat-lipat.

Itulah keuntungan dari investasi obligasi dibandingkan dengan deposito. Bersama digibank by DBS kamu bisa mengatur keuangan masa depan kamu dengan lebih mudah. Apalagi di era digital seperti sekarang ini yang hampir semua orang sudah sangat paham mengenai investasi.

 

Referensi:

Sumber gambar: https://pixabay.com/id/photos/serikat-eropa-1493894/

Artikel: https://www.inbizia.com/peluang-cuan-begini-cara-investasi-obligasi-khusus-pemula-288119


Sekian dari aku, sampai jumpa di post selanjutnya yaaa❤︎ 


Baca juga:

Obligasi Pemerintah sebagai Produk Investasi Terbaik untuk Siapa Saja

Transfer Uang Gratis lewat Aplikasi Bank DBS

Syarat KPR Rumah