Night readers. Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh. Jasmine is coming back. Hari senin ini saya kembali merasa sekolah, kembali belajar seperti yang dulu dilakukan sejak SD. Ini mungkin secara resmi saya menjadi mahasiswi prodi bahasa inggris ptn di kota saya. Kegiatan ini namanya matrikulasi. Dulu pernah denger istilah ini dari kakak kelas yang liqo alias pengajian bareng, matrikulasi inilah yang menjadi alasan mereka untuk absen liqo.
Baca-baca dari internet, matrikulasi ternyata program pengenalan sebelum memasuki dunia kampus. Tadi pagi saya bangun pagi dan berkemas-kemas rumah. Saya menyempatkan nyuci dan jemur baju. Bukan main saya buru-buru sekali karena melihat jam sudah hampir pukul 8. Matrikulasinya sendiri dimulai jam 8 pagi. Saya selama di motor ketakutan. Tepatnya takut terlambat. Jarak rumah ke kampus sendiri lumayan ya, 20 menitan.
Pas dah sampai di kampus, saya melihat mahasiswa banyak yang berbaris dan memakai pakaian seperti saya yakni putih-hitam. Bukan main saya hampir aja shock dan berhenti gitu aja. Untung, di depan saya ada temen sesama prodi. Dan saya baru inget, kalau tadi itu bukan fakultas saya tapi fakultas mipa. Fakultas tetangga saya.
Alhamdulillah saya bersyukur ketika sampai parkiran masih rame teman-teman sesama prodi. Ternyata matrikulasinya ngaret.
Kegiatan alias sesi pertama dibawakan oleh head of department. Dosennya keren, karena ketika berbicara dengan maba alias kami dia menggunakan bahasa inggris dengan fasih. Dia memberitahu kalau prodi kami adalah prodi yang paling awal matriks. Hehe. Dia juga banyak sekali memotivasi kami. Dia bilang setiap tahun universitas kami mengirim mahasiswanya keluar negeri. Wah, ini cita-cita saya ini belajar dan kuliah di LN.
Sempat juga bertanya, Why you choose English? Akan saya jawab di artikel selanjutnya ya. Kemudian break, saya berkenalan dan berbincang-bincang dengan teman-teman seprodi. Saya disini berdoa, agar jangan sampai kejadian saat masa SMA saya terulangi kembali. Kejadian yang saya takutkan yaitu kelas terpecah menjadi geng-geng dan berkubu-kubu. Saya tidak suka bergeng-geng seperti itu, lebih nyaman kalau kita berbaur dengan semua orang.
Setelah sesi pak kepala prodi kami semua maba yang berjumlah hanya kurang lebih 60an orang kemudian berjalan kaki menuju perpustakaan kampus. Kami kemudian diberi materi oleh ibu Eni yang merupakan direktur di perpustakaan tersebut. Saya sungguh terinspirasi dengan beliau. Karena dia doktor, karena dia cerdas, karena dia pernah ke LN dalam rangka lomba dan dalam rangka pertukaran pelajar. Wah, ini juga cita-cita dan impian saya untuk bisa ikut pertukaran pelajar. Tapi saya agak takut, apa dengan ikut pertukaran pelajar, kuliah saya jadi terganggu? Padahal, saya ingin menamatkan kuliah saya secepat-cepatnya.
With ibu Eni, totally inspired me!

Juga berkembang isu di prodi saya, kalau di prodi ini rata-rata mereka menyelesaikan skripsinya selama 5 tahun. Dan, kakak murabbi saya alias kak zulfa juga prodi ini dan juga hiks hiks dia skripsinya juga 5 tahun. Waaa saya tidak mau seperti itu, sayang umur. Jika dihitung-hitung. Selesai S1 umur saya 22 tahun, lanjut S2 2 tahun menjadi 24 tahun. Itu jika ketika lulus, kita langsung lulus beasiswa dan langsung kuliah. Namun itu jarang terjadi biasanya masa tunggu beasiswa 1 tahun ya, kalo Lolos, kalo nggak ya mungkin bisa nambah masa tunggu menjadi 2 atau entah berapa tahun.
Saya berdoa kepada Allah dan juga meminta restu kepada kedua orangtua sejak sekarang. Mudah-mudahan semua rencana saya berjalan baik dan saya bisa meraih gelar S3 saya dengan umur kurang dari 28. Karena sebagai wanita sejati saya juga ingin menikah cepat dan punya anak. Hehe.
Selain itu ibu Eni juga mengingatkan kami tentang berorganisasi. Beliau menyarankan jangan sibuk berorganisasi. Ingat tujuan utama ke kampus adalah kuliah dan belajar. Saya jadi sedikit ngeri. Padahal saya sudah ancang-ancang ingin ikut ini-itu, mulai dari BEM, ROHIS, MAPALA, EnglishStudentAssociation, Seni Teater, Seni Tari, Kepenulisan, Pramuka. Gila gak tuh? Kebanyakan yaa? So, kita lihat ke depannya ajalah. Semangat untuk besok matrikulasi hari kedua.  


August 15th 2016