Tips Bersabar di Tengah Kesulitan Pandemi COVID19

Halo pembaca setia blog aku^^ Apa kabarnya? Ada yang  lagi tertekan, overwhelming sama situasi sekarang kaya gini? Well, ini artikel buat siapapun yang lagi ngerasa kesulitan dan capek, lelah. 

Banyak juga orang/news company share gimana caranya produktif, tapi dikit banget yang share gimana caranya tetep sabar, tenang dan waras di tengah pandemi covid19 ini. 

Kita ga perlu jadi produktif syalala temen-temen *perlu sih hehe* tapi kita lebih perlu untuk jadi kuat, tenang, waras dan sabar.

Bayangin ya hampir sebulan pembatasan fisik, ga ketemu temen2, kelas saya banyak saya cancel (nasib guru privat), bahkan bapak saya belum bekerja kembali. Belum lagi banyak saudara2 kita yang kehilangan pekerjaan, pusing gimana buat makan besok, bayar a, b, c, d. Kehidupan dan segala keruwetannya.

Kesabaran adalah kesuksesan yang sebenarnya. Dalai Lama bilang pikiran yang tenang membawa kekuatan dari dalam dan kepercayaan diri, dan ini penting untuk kesehatan. Tuh kan, situasi emang sulit, nah ini kesabaran kita emang lagi di uji sama Tuhan. Kalau kata Baginda Nabi, di Islam itu cuman 2 solusinya saudara-saudara, sabar dan sholat. 

Oke deh aku paparin dan share beberapa strategi dan tips buat bersabar. Dan semoga artikel aku ini bermanfaat ya buat sedulur.

1. Berpikir positif. 
Strategi pertama aku tau ini cliché abis. Tapi ini betul loh, kita harus tau yang paling punya pengaruh dahsyat dalam hidup adalah pikiran kita. Lebih baik kita berpikir positif, bayangin, kalo kita berpikir negatif, bukannya tenang, kita bisa malah jadi lebih depresi. 

Kita harus tetap tenang supaya bisa berpikir rasional. Berpikir positif bahwa badai pasti berlalu. Kita punya Tuhan, yang maha Melindungi, Mengasihi, Kaya, dan Penyayang. Kalau kita udah usaha 100% jangan takut ga ada rejeki atau apalah. You are what you think! 

2. Olahraga
Kita ga bisa mikir positif kalau kita ga sehat. Nah untuk jadi sehat, kita harus olahraga. Manusia itu punya sistem di tubuhnya, bayangin kalo alat-alat itu ga dipelihara, tentu bisa rusak. Olahraga itu salah satu cara supaya alat-alat di sistem itu tetap berfungsi dengan baik.

3. Bersyukur
Aku rasa ini cliché juga ya. Tapi kita harus banyak2 ngeliat ke bawah ya, di luar sana banyak yang lebih susah dari kita. Kita harus pandai2 bersyukur, untuk jadi pandai kita perlu berlatih, nah setiap hari tulislah minimal 3 hal yang kamu syukuri. Kalau aku hari ini bersyukurnya:
    1. Aku kerja.
    2. Aku ngomong sama tante aku.
    3. Aku nulis/podcast ini di blog n YouTube hehe.
    4. Aku nyekripsi 2 jam.
    5. Aku baca buku sejam.

4. Jangan stressin hal-hal yang diluar kontrol manusia
Yang ini kayanya ga perlu penjelasan ya. Fokus ke hal yang dalam kontrol kita.

5. Terima keadaan.
Kita harus tau, hidup itu seperti dua sisi koin. Seimbang. Krisis, kenestapaan itu hal-hal yang tidak terhindari. Sama seperti kebahagiaan, dan kekayaan. Jangan ngeluh, karena ngeluh itu ga ada gunanya. Tapi terima kenyataan. Di dunia ini yang lagi susah bukan hanya kita doang. Bahkan ada banyak banget orang yang lebih kurang beruntung dari kita.

6. Lakukan hal hal kecil.
Aksi positif itu sangat penting. Saat tertekan, jalan kaki lah pagi-pagi, hirup udara segar. Main lah ke taman, lihatlah laut atau pantai. Hal-hal kecil bagi aku sangat bisa refresh sejenak. Bahkan bernafas, atau latihan mindful breathing juga membantu. Coba tarik nafas dalam2, 1,2,3,4,5 dan keluarkan. Feel better? I hope so ya!

7. Kelilingi diri dengan hal-hal positif.
Words make ur reality. Itu peribahasa dari buku filosofi jepang yang aku baca. Kalau mau jadi tenang, coba baca, nonton, denger hal-hal yang menenangkan. Bisa banyak hal, bisa dengan baca dan dengerin Al-Quran atau kitab suci buat kamu yang relijius, atau baca buku, nonton YouTube yang aesthetic. 

Segitu dulu dari aku. Semoga membantu. Jangan sungkan buat cerita ke orang2 terdekat kalo kamu lagi ada masalah. Cerita di kolom komen pake anonim juga boleh kalo mau privasi. Dan kalau kamu ada cara yang biasa kamu praktekin dan tokcer, please komen, inget, kebahagiaan datang dengan berbagi! Sampai ketemu di post selanjutnya:).

Post a Comment

27 Comments

  1. Sangat bermanfaat kak artikelny...,Semoga kita semua diberi kesabaran yg kuat untuk mengadapi kondisi yg sekarang😊😁 hehe

    ReplyDelete
  2. Kak ada saran gak olahraga apa yg efektif dan bisa dilakukan dari dalam rumah? Terima kasih..

    ReplyDelete
  3. Olahraga nih yang jarang. Dulu ikut senam, tapi libur selama corona. Mo senam sendiri nggak semangat banget kak

    ReplyDelete
  4. Akhirnya ada yang ngertiin perasanku. Makasih kak artikelnya menenangkan sekali. Secara aku ini selalu berpikir positif tapi semenjak ada pandemi pikiran malah kemana2 bikin stress sendiri. Intinya harus sabar dan tetap bersyukur ya

    ReplyDelete
  5. Poin 5 sama 7 nih kak yang agak susah. Tiap main social media, jadi ketrigger aja pas baca-baca berita tentang pandemi ini. Soal kesehatan dan ekonomi yang lagi susah-susahnya gini malah bikin aku jadi kepikiran.

    ReplyDelete
  6. Banyak bersyukur juga bisa bikin hati tenang. Mantap kak poin²nya. Sabar gak ada batasnya. Yang ada batasnya itu sawah.

    ReplyDelete
  7. wah terima kasih nih tipsnya, memang dalam kondisi seperti ini kita kudu bersyukur dan lebih pandai memutar otak. semoga semua segera berlalu

    ReplyDelete
  8. Main game jadi salah satu cara saya menghibur diri di tengah masa sulit. Kalau bisa naik satu level entah kenapa bisa nambah sedikit semangat

    ReplyDelete
  9. Sepakat mba, meski keadaan serba susah seperti sekarang, tetapi kita harus bisa tetap bersabar dan berpikir positif. Usah grasak-grusuk atau mengeluh karena hal itu tidak bisa memperbaiki keadaan.

    ReplyDelete
  10. Lakukan hal kecil kelilingi dengan sesuatu yang positif, justice point, nice kak

    ReplyDelete
  11. Salah satu efek dari Pandemi Covid-19 ini yaitu pada mental masyarakat, dan saya setuju banget bila kita mengelola mental kita seperti bersyukur, berpikir positif, dll yg disebutkan di artikel ini

    ReplyDelete
  12. Berpikir positif penting. Tapi nggak kalah penting adalah: bertindak positif.
    Banyak banget di sekitarku yang berpikir terlalu positif sampai santai aja ngumpul2 di tempat umum padahal sudah red zone. Yang ada juga covid-19 makin kesenengan nempel di sana sini >.<

    ReplyDelete
  13. Sempat stres juga sih karena ga bisa ke mana-mana, tapi ini kan demi kebaikan bersama. Menahan diri buat enak nantinya. Tapi sisi baiknya jadi banyak waktu bersama keluarga dan banyak baca buku meskipun ekonomi jadi lesu, pemasukan berkurang. Tapi ya itu mencoba bersyukur dan terlibat kegiatan sedekah insyaallah makin bermakna. Semoga wabah cepat pergi.

    ReplyDelete
  14. Dulu aku sangat memporsir diri. Memaksa untuk tetap produktif dan berpenghasilan. Akhirnya karena over produktif aku malah jadi stress. Konsul Ke psikolog. Lalu aku nge-stag. Diam dan rebahan.

    Hari ini aku di ajari sabar. Yah, sabar. Aku sabar.

    Aku bersyukur masih bisa makan sekalipun hanya rebahan, punya kuota sekalipun tidak kerja. Dan sehat di tengah banyaknya orang yang sakit.

    ReplyDelete
  15. Pandemi memang bikin kita stress..gak bisa membayangkan seseorang yang tadinya bekerja dan punya penghasilan tahu-tahu di PHK. Atau pengusaha yang tiba-tiba bangkrut gara-gara pandemi. Memang butuh kesabaran dan yakin bahwa semua ini adalah suratan Illahi. Pasti saatnya nanti semuanya akan berakhir dan kita kembali hidup normal. Terimakasih artikelnya yang informatif...dan saya akan selalu positive thinking terhadap rencana Allah seperti yang terjadi saat ini.

    ReplyDelete
  16. olahraga sih membantu banget buat aku, kayak kalau habis keringetan itu jadi malah lebih rileks gitu, walaupun capek tapi energi yang dikeluarin itu bikin jadi berpikiran positif, setuju banget sih soal olahraga.

    ReplyDelete
  17. Iya kak, ditengah pandemi ini, begitu sulit untuk melakukan hal seperti biasa. Lewat 7 hal di atas, pesan ini harus kita jaga dan share agar kita harus sabar dan sabar. Berharap, pandemi ini segera berlalu melalui Ramadhan ini. Aaamiin

    ReplyDelete
  18. bukan hal mudah untuk melewati keadaan pandemi ini, tapi yakinlah kalau apa yang dilakukan pemerintah, protokol kesehatan harus diikuti supaya pandemi ini cepat berlalu
    Berpikir positif, berbagi hal baik dan informasi tepat membuat kita memberikan aura baik buat orang disekitar

    ReplyDelete
  19. Aku banget itu yg overthinking. Jadi kadang malah kepikiran hal2 yg dinluar kuasa manusia. Tp beberapa waktu terakhir sdh berhasil diredam sih dg mengendalikan pikiran.

    ReplyDelete
  20. Ah bener banget ini
    Yang paling penting itu tetap waras, sabar dan berpikir positif ya
    Kesehatan mental harus benar-benar terjaga dalam kondisi sulit seperti ini

    ReplyDelete
  21. Makasih tipsnya kak,
    Memang harus selalu bersabar ya...
    Dan harus yakin bahwa dimana ada kesulitan, pasti akan ada kemudahan juga

    ReplyDelete
  22. Yakin deh kalau bisa menerapkan 7 tips itu insyaallah bisa menerima keadaan di tengah pandemi ini ya Kak. Saya pun awalnya agak stres juga pas harus karantina, tapi makin kesini makin bisa menerima. Makasih sharingnya, bermanfaat banget nih.

    ReplyDelete
  23. Bener, meski banyak-banyak sabarnya. Alhamdulillah sedikit banyak pandemi ini bisalah diambil hikmahnya. Terima kasih yaa, Risky buat tips2 positifnya

    ReplyDelete
  24. Dibalik setiap cobaan pasti ada hikmah dibalik semua ini. Semoga kita semua sehat-sehat yaa

    ReplyDelete
  25. Dan lakukan hal hal positif misalnya mulai melakukan kegiatan sesuai passion yg dulu belum sempat dikerjakan karena sibuk ya mbak

    ReplyDelete
  26. Sabar dan semangat ya menghadapi kenyataan hidup. Aku sih gak bosan di rumah karena hobi sih keruntelan di rumah. Ahahaha

    ReplyDelete
  27. setuju banget nih mb, cukup memperhatikan hal-hal kecil saja tidak perlu muluk-muluk sampai stok masker bejibun. lakukan sesuai arahan pemerintah udah bagus kok: cuci tangan, jaga kesehatan, jaga psikologis dan jaga jarak, only that!

    ReplyDelete