Monday, February 25

Menilik Surga di “Hongkong-nya Indonesia”, Kota Singkawang.

Hai gengs :) Apa kabarnya kalian semua? Walau sekarang cuaca lagi gak menentu dan ekstrim, semoga selalu tetap sehat dan fit ya. Kembali lagi bersama aku, Kiky, kali ini aku mau bagi-bagiin info tentang wisata di kota yang hits di Indonesia, dan di Kalimantan Barat, yakni Kota Singkawang. Jadi, Kota Singkawang ini adalah sekeping surga dari Tanah Kalimantan. Kenapa bisa aku bilang kota ini sekeping surga, alesannya yakni kota ini menawarkan paket lengkap untuk kebutuhan traveling dan wisata kamu. Seperti surga yang buat bahagia, Kota Singkawang ini bisa banget buat kamu bahagia. Di sini kamu bisa wisata budaya dan pendidikan, wisata alam, wisata sejarah, wisata belanja dan yang terakhir pastinya wisata kuliner. Paket lengkap banget gak sih? Kota ini punya makanan-makanan khas yang super unik dan lezat, pemandangan yang menakjubkan, akses ke spot-spot wisata yang mudah, tersedianya hotel dan penginapan dengan harga terjangkau serta agen travel murah untuk membimbing teman-teman semua selama berwisata di sini.
Oke, kita lanjut untuk menilik lebih detail dan jauh ya tentang kota seribu kelenteng ini. Untuk sampai ke Singkawang, bagi kamu yang berasal dari luar Kalimantan bisa gunain akses transportasi jalur udara yakni pesawat melalui Bandara Supadio Pontianak. Dari Pontianak, kemudian kamu bisa naik mobil atau bis ke Singkawang. Tapi katanya bakal segera dibangun bandara loh langsung ke kota Singkawang, mungkin yah dalam waktu dekat kalian bisa terbang langsung ke kota ini. Dan untuk waktu ke Singkawang, ada baiknya kamu cek kalender dulu. Waktu terbaik untuk datang yakni di moment 1-2 minggu setelah Tahun Baru Imlek. Kenapa? Karena 15 hari setelah imlek itu bakal ada Festival Cap Go Meh Singkawang. Festival Cap Go Meh Singkawang itu acara tahunan kota Singkawang dan juga ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata Indonesia sebagai 100 Wonder Events Indonesia. Itu festival dahsyat banget loh ya gengs, ada festival naga dan barongsainya, atraksi ekstrem tatung atau dukun yang lagi nampil, dan banyak lagi deh, pokoknya ajib. Ini dia fotonya gengs:
Gambar dari instagram Disporapar Singkawang @pastikesingkawang.id
Nah jadi, kota Singkawang ini sangat kental banget ya dengan budaya Tionghoa. Hal ini dikarenakan mayoritas warga Singkawang adalah etnis Tionghoa. Di kota ini, menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) 2011, ada 246.306 penduduk dan 42 persen diantaranya adalah orang Tionghoa. Sisanya Jawa, Dayak, Melayu dan suku lainnya. Dan kamu bakal nemuin juga ada banyak banget vihara dan kelenteng di sini karena banyaknya penduduk keturunan Tionghoa yang memeluk agama Buddha dan Khonghucu. Hal ini lah yang menyebabkan mengapa kota ini punya julukan 'Kota Seribu Kelenteng' dan 'Hong Kong-nya Indonesia'. Untuk wisata budaya sekalian sejarahnya destinasi pertamanya yakni Rumah Keluarga Tjhia. Ini rumah bukan sembarang rumah, ini udah berstatus cagar budaya. Rumah Keluarga Tjhia itu sendiri perumahan keluarga yang dihuni oleh keturunan langsung Xie Shou Shi (Tjhia Siu Si). Bangunan ini berdiri udah lama banget, tepatnya pada tahun antara 1901-1902, berarti umur sekarang bangunan ini 117+ tahun.  
Foto Rumah Keluarga Tjhia minjem dari blog kak multi di inimulti.com.
Lanjut dari wisata sejarah dan budaya, kita ke wisata alam. SINGKAWANG juara banget deh wisata alamnya. Mau ke Pantai? Ada PPP yakni Pantai Pasir Panjang. Mau ke Air Terjun? Ada Air Terjun Sibohe dan Eria. Mau ke Hutan Mangrove? Ada juga, Mau ke Danau? Ada dungs, yakni Danau Biru. Ini salah dua penampakannya ya. 
 Foto Air Terjun Eria, minjem lagi dari kak Multi di inimulti.com
      Kalau wisata alam sekaligus pendidikan, di Sinka Island Park tempatnya. Karena disana ada kebun binatang, pantai, taman, dan juga kolam renang. Kebun binatang ini sebagai wisata pendidikan ya mengenai satwa dan juga mungkin taneman (?).
Setelah puas mengunjungi tempat-tempat yang indah diatas, energi kita habis dan perlu makan dong ya, waktunya kita wisata kuliner. Untuk wisata kuliner wajib banget nyobain choi pannya Singkawang. 
Gambar dari https://travel.kompas.com/read/2016/05/20/164414427/rugi.ke.singkawang.kalau.belum.cicipi.chai.kwe.
       Ngomongin wisata ngga afdol dong kalo ngga belanja, iya kan? Nah, kalo untuk belanja kalian bisa mengunjungi Pusat Oleh-oleh Singkawang. Ketika traveling tentu tidak sah kalau kita hanya berjalan-jalan berkeliling tanpa membeli sesuatu untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh buat orang tua, saudara, kerabat, atau teman-teman. Makanan khas Singkawang maupun kerajinan tangan bisa menjadi pilihan untuk oleh-oleh. Kota Singkawang memiliki pusat oleh-oleh dengan berbagai macam produk khas baik makanan maupun kerajinan tangannya. Pusat oleh-oleh di Kota Singkawang berada di Jalan Pemuda, Kecamatan Singkawang Tengah, tepatnya di depan Taman Burung Kota Singkawang. Berbagai macam produk olahan makanan tersedia lengkap di tempat ini mulai dari Terasi (blacan) Khas Singkawang, Cencalok (Peda, bahasa masyarakat setempat untuk cencalok), aneka kue kering dan camilan. Kemudian untuk produk kerajinan tangan ada batik, replika perahu, manik-manik hias, dan lainnya. 
      Oke, segitu dulu deh info dari aku. Kesimpulannya Wisata Kota Singkawang ini bukan kaleng-kaleng deh gengs. Kota Singkawang worth to visit banget ya. Info tambahan, untuk kalian yang mau cari penginapan, maupun tiket pesawat bisa banget gunain traveloka atau tiket.com. Buat yang solo traveller bisa gunain transportasi online seperti grab atau gojek. Dan kalian bisa hubungi genpi singkawang atau dispora singkawang di instagram kalo ada pertanyaan. Di instagram juga banyak banget akun agen travel yang bisa kalian akses. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat. Terimakasih sudah baca. See you in next post!
Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Menulis Blog “Generasi Pesona Indonesia Kota Singkawang 2019” yang diselenggarakan oleh Generasi Pesona Indonesia Kota Singkawang.


No comments:

Post a Comment