Malam bolo bolo! Udah jam 1 dini hari aja. Alhamdulillah jam setengah 10 malem tadi aku nyampe di kota Pahlawan, kota Surabaya. Ini sebenarnya mungkin lebih cocok dibilang Night 1 kali ya dibanding Day 1, hihi.

Banyak banget cerita hari ini. Hmm.
Mulai dari pagi deh. Jadi pagi tadi itu aku susah banget tidur, karena aku emang panik attack dari kemarin mikirin traveling 6 hari sendirian :*.  Ga sepenuhnya sendirian sih, 3 hari sama temen temen workshop, 3 harinya yang sendirian. Uring-uringan, takut, dan negative thinking gitu deh.

Aku juga ada interview program, dan malemnya itu aku nulis proposal. Aku juga packing telat banget. Selesai packing jam 3 loh bolo bolo. Gilak gak tu? Dengan gaya leyeh leyeh nyampe bandara juga telat, panik banget pas lagi nyemil brownies eh masa pesawat udah boarding. Itu kondisinya aku belum check in, belum pemeriksaan bla bla. Bahkan aku baru tau kalo kita ga boleh bawa tongsis ke kabin pesawat, harus masukkin ke bagasi. Karena bagasi udah di pesawat, gara gara waktu mepet, terpaksa deh aku relain tongsisnya ke abang-abang petugas bandara.

Bahkan citilink ini, nyampe Surabayanya juga lebih awal 20 menit. Kaget setengah mati udah harus boarding 16.50, padahal di jadwal kan 17.20. Dan aku emang panik gara gara pukul 16.40 itu aku masih nyemil, belum checkin dan pemeriksaan. Tapi emang biasanya emang gini sih. Ini akunya aja yg panikan.
Hello Surabaya, my second home :). Disambut Surabaya dengan padatnya jalan.
Ada lagi cobaan kedua hari ini, yakni, diturunin di terminal bunggurasih. Jadi, aku saranin kalian terutama yg masih sobat qismin, untuk kalau mau ke Surabaya itu lebih hematnya naik bis Damri (harga 25k) dan kemudian turun di halte gudang garam buat selanjutnya ngojek ke tempat nginep. Aku tadi ngojek kena 18k. Jadi totalnya 43k. Sedangkan kalo ojek langsung dari bandara itu harganya 75k, tapi mungkin bisa ditawar.

Dan tadi aku itu diturunin di terminal yg mana lumayan jauh dari halte. Dan, ojol gak boleh ambil penumpang di situ. Artinya aku harus jalan ke halte. Jaraknya itu kira kira 20 menitan. Mana bawa koper 8kg lagi, nyes banget.

Tapi, keruwetan hari ini tergantikan dengan wawancara dengan mas gojek ojol namanya Ing Hok Boediono. Suka banget dengar cerita mas nya. Mas ini gojek pro loh. Dia kerja dari jam 7 pagi sampe 11 malem. Target narik sehari 25. Dan tadi itu aku, customer yg ke21, jam 9an itu dia mau lanjut narik 2 lagi. Ahhh kasian, dan aku masih aja suka ngeluh dengan tugas tugas kuliah dan kantor.

Dari dia aku jadi tau kalau biaya bensinnya 30-40k, belum lagi untuk makan. Mas ini juga udah punya anak 2, sd dan smp. Tinggalnya di Kenjeran, utaranya Surabaya. Salut banget kerja keras mencari nafkah buat keluarga, kerja 16 jam sehari demi menghidupi anak istri.

Jadi inget bapak. Kalo bapak aku kerja 12 jam sehari dan tiap hari, ga ada libur. Alasan kenapa aku harus percaya diri dan optimis serta bekerja keras di dalam hidup.

Lanjut sampe di homestay, ada lagi cobaan, aku mau bayar ngga bisa gara gara aturan bank bni yang ridiculous ini, coba liat deh. Masa iya ga bisa bayar diatas jam 9 malem. What the. Ujung2nya aku harus cash dan dicharge lebih mahal, untung aku ada bawa sedikit uang tadi. Ga tau gimana jadinya kalau aku ngga bawa cash.
Bukti
Tapi setidaknya bersyukur banget, kamar homestaynya comfy dan lebih manusiawi dibanding livi** gubeng. Di sini wcnya didalem. Sayangnya agak jauh dari XL Centre tempat aku workshop, 10 menitan gitu (5 km). Sayangnya juga ga ada air minum sama sarapan. Tapi lebih manusiawi ini. Lebih private :)

Abis nyampe di homestay, kemudian nyari makan di seberang jalan. Deket banget. Sukak. Aku makan nasi rawon seharga 20k. Rasanya hmm, mungkin emang bukan selera aku :*. Terus nemenin temenku Sharell dari Manado makan ikan bandeng goreng mentega seharga 50k, rasanya yg ini enak dan gede banget ikannya, lupa difoto.

Btw ini juga ya pengeluaran Day 1. Moga bermanfaat yaaa sedulur. Trims sudah berkunjung. Semoga betah. Nantikan cerita-cerita perjalanan aka travel srories aku selanjutnya.