Komunitas Blogger Pontianak bersama Pak Herman Hofi di Konferensi Pers PCR2020
Foto bersama Nestle sponsor resmi PCR 2020.
Minggu pagi tadi 12 Januari 2020, keluarga blogger pontianak menghadiri Konferensi Pers kegiatan olahraga akbar di tahun 2020 ini. Kegiatan olahraga akbar yang dimaksud yakni kegiatan Pontianak City Run Half Marathon 2020. Kegiatan olahraga akbar ini sendiri merupakan ajang lari berskala internasional. Sebagai warga Pontianak, saya merasa sangat bangga dan juga bahagia.

Pontianak City Run Half Marathon 2020 ini diselenggarakan oleh lari.id. Kegiatan sebelumnya yakni Pontianak City Run yang terselenggara di bulan Februari 2019 mendulang kesuksesan yang besar. Ajang lari tahun lalu sukses diikuti oleh 4000 peserta yang memenuhi Alun-Alun Sungai Kapuas. Harapan serupa untuk ajang tahun ini yang pasti penyelenggaraannya lebih dahsyat.

Saya juga mendapat ilmu baru tentang lari hari ini dari pembawa acara. Bahwa marathon itu sebenarnya merupakan nama orang, dan Boston di Amerika Serikat itu juga menjadi kota asal kegiatan lari.

Event lari tingkat internasional ini juga akan dihadiri tidak hanya oleh warga Pontianak, tetapi banyak juga dari tingkat nasional dan bahkan internasional. Sukses dengan 10 negara di tahun 2019, event lari akbar Pontianak City Run Half Marathon 2020 ini diharapkan membawa lebih banyak peserta baik dari dalam maupun luar negeri. Beberapa komunitas lari juga sudah mendaftar seperti dipaparkan oleh bapak Tedi Jonathan dan Ongki selaku penyelenggara. Komunitas lari yang sudah mendaftar yakni singkawangrunner, indorunner, lol, kuchingrunner.

Pontianak City Run Half Marathon 2020 membuka pendaftaran dengan 4 kategori yakni Kids 1K, Students 5K untuk usia 12-18 tahun, 5K Open untuk umum, dan 21K Open yang dapat diikuti oleh umum juga. Ini saya cantumkan juga info harganya ya, sumber dari lari.id/pcr2020.

Saya yang hobi joging tiap minggu, kayanya mulai sekarang bakal harus nyiapin badan supaya bisa kuat lari 5K. Saya waktu di Filipina menghabiskan sekitar 30 menit untuk 2K. 1K nya 15 menit. Sebenarnya itu terpaksa juga, itu jarak antara asrama aka dorm saya dengan supermarket savemore. Saya itung pake google, ternyata jaraknya yah hampir 1 kilometer. Dan ini saya jalan kaki loh ya, bukan lari :') Hadeeh berasa banget pegelnya. Besok pagi mulai harus deh dibiasain lari/jalan kaki, minimal 30 menit.

Saya tertarik buat ikut yang 5K Open (ini satu-satunya yang saya bisa ikuti hehe), dan setelah saya baca di web, waktu maksimalnya yakni 80 menit, 1 jam 20 menit. Wadeehhh. Ini saya beneran harus lari ga boleh jalan santai kaya biasa, wkwkwk. Padahal kalau boleh jujur saya kayanya sanggupnya cuma 3K.

Pontianak City Run Half Marathon 2020 ini akan diselenggarakan di tanggal cantik yakni 02-02-2020 hari Minggu. Acara sendiri dimulai pukul 4 pagi.

Tadi saat konferensi pers juga ada peserta yang bertanya kritis tentang apa yang membedakan ajang lari tahun ini dengan tahun 2019 kemarin. Panitia menjawab bahwa ajang lari tahun ini di kategori Kids atau anak-anak mendapat kepercayaan sponsor dari HotWheels dan Barbie, mobil mainan yang semula 1 kini menjadi 5. Dan juga boneka Barbienya lebih baik. Tahun 2020 ini menjadi istimewa karena menjadi pertama kalinya diselenggarakan setengah maraton yakni 21K. Tahun sebelumnya saya dengar jarak terjauh hanya 10K.

Tertarik untuk mendaftar dan ikut acara lari berskala internasional ini? Kamu bisa registrasi online di situs lari.id/pcr2020 dan bisa mendapat info lebih lanjutnya di website dan juga di instagram official @official_pontianakcityrun.

Sampai ketemu di Alun Alun Kapuas ya sobat:)