Tips Belanja Bulanan Hemat ala Mahasiswa

tips belanja bulanan hemat

Hemat pangkal kaya. Sangat penting buat kaum mahasiswa untuk hidup hemat. Selain karena budget terbatas dan belum bisa bekerja secara professional, mahasiswa sangat perlu buat belajar hidup hemat. Belanja bulanan yang dilakukan setiap bulan bisa menjadi ajang penerapan ilmu.

Kebetulan di tahun ini aku menemukan dan membaca buku Fumio Sasaki yang berjudul Goodbye Things. Aku jadinya sekarang berprinsip hidup minimalis. Prinsip hidup ini membantu aku berhemat. Karena sejak baca buku itu, now, I'm no longer collecting things. Aku udah jarang banget beli barang yang nggak aku butuhin. Belanja bulanan yang biasa aku lakuin tiap awal bulan jadi salah satu penerapan ilmu hasil membaca buku ini.

Postingan kali ini aku juga mau share tentang tips gimana aku belanja bulanan hemat. Aku lebih suka belanja bulanan, bahkan hal kecil kaya gini bisa buat aku bahagia. Apalagi ditambah situasi pandemi covid19 seperti sekarang ini, kita mesti kurang-kurangi intensitas kita untuk berkumpul di tempat yang banyak orangnya. Nah, sebulan sekali belanja menurut aku recommended buat dilakuin.

Untuk di Pontianak sendiri, aku lebih suka belanja bulanan di supermarket deket rumah. Aku kadang suka pindah2 buat ngeriset, cuman riset aku belum terlalu genah karena aku juga suka gonta-ganti produk haha.

Belanja bulanan memang kelihatannya kecil dan sepele. Tapi tau kan ini adalah hal kecil yang bisa mempengaruhi gimana keuangan kita ke depan. Ibarat ember, jika ada hal kecil yang diumpakan dengan retak misalnya, tetap saja airnya akan habis. Jangan suka menyepelekan hal kecil. Belanja bulanan yang disiplin dan organized bakal bikin kita lebih menyadari keuangan dan in the bigger picture bikin kita jadi pribadi yang disiplin n terampil dalam mengelola keuangan dengan bijak dan baik sehingga dapat menjadi langkah awal mencapai cita-cita kebebasan finansial. 

4 tips belanja bulanan hemat ala mahasiswa dari aku yakni:

1. Bikin daftar kebutuhan sehari-hari

Sebenarnya barang-barang kebutuhan yang kita gunakan sehari-hari memiliki karakteristik unik masing-masing.

Contohnya untuk kebutuhan makan, ada baiknya kita belanjanya mingguan, karena ga baik kalo kita banyak mengkonsumsi bahan makanan dengan pengawet. Buah-buahan aja banter satu sampai 3 hari ya.

Namun ada juga kebutuhan yang bulanan. Contohnya yakni perlengkapan mandi, perlengkapan bersih-bersih, dan mungkin beberapa bahan makanan. 

Ini dia list REAL belanja bulanan aku di bulan Mei ini.

tips belanja bulanan hemat ala mahasiswa

Disclaimer: Ini kebutuhan untuk 2 orang ya, karena aku tinggalnya sama adekku. Kalau tinggal sendiri bisa lebih hemat. Kami berdua sama-sama mahasiswa jadinya inilah kebutuhan kami bulan ini. Setiap bulan bisa saja berbeda.

2. Bikin Anggaran

Perencanaan keuangan itu sangat penting, jadinya bisa bikin kita lebih disiplin dan terampil. Belanja bulanan tidak hanya yang ada di resi diatas yak, tapi juga untuk kebutuhan setiap bulan. Contoh anggaran belanja bulanan aku ya. 

Kebutuhan 1 zakat/sedekah: Rp. 100.000
Kebutuhan 2 nabung: Rp. 1.000.000
Kebutuhan 3 makan: Rp. 500.000
Kebutuhan 4 laundry: Rp. 50.000
Kebutuhan 5 bensin dan oli: Rp. 150.000
Kebutuhan 6 perawatan diri: Rp. 200.000
Total: Rp 2.000.000

Kebutuhan makan itu bisa diuraikan lagi:

1. Beras
2. Gula
3. Minyak makan 
4. Telur
5. Indomie
6. Sayur
7. Buah
8. Keju

Kebutuhan perawatan diri bisa diuraikan juga:

1. Sabun mandi
2. Sampo
3. Sabun wajah
4. Pagi: toner, essence, serum, moisturizer, dan morning cream
5. Malam: cleanser, toner, essence, serum, moisturizer, dan night cream

3. Pergi ke Supermarket di pagi hari, pas jam awal buka.

Kondisi yang sepi bisa bikin belanja lebih fokus dan nyaman. Barang-barang juga lengkap pastinya kan.

4. Evaluasi

Cobalah mengunjungi semua toserba di dekat tempat tinggal dan kemudian putuskan satu toserba terbaik. Buat kartu member supaya dapat poin, walau aku belum buat sih. Aku juga masih menunggu waktu kapan OVO, Gopay, dan Linkaja bakal masuk ke toserba dan bikin pembayarannya jadi lebih mudah dan pastinya seneng karena dapat poin. 

Moga-moga faedah ya postingan kali ini. Kira-kira kebutuhan apa yang terlewat ya? Boleh banget komen dibawah ya.

Jangan lupa juga follow IG aku di instagram.com/riskysupriati, kuyyy berteman:)

Baca juga: apa itu permainan bola tangkas, sebuah permainan jika anda bosan, namun ingat mesti seimbang, jangan berlebihan ya.