syarat pendaftaran kpr rumah

Halo pembaca semua:) Postingan kali ini cukup sensitif buat aku dan mungkin juga kamu. Postingan ini bakal mengulik tentang rumah, spesifiknya yaitu syarat pendaftaran KPR rumah

dalaman tempat tinggal aka apartemen minimalist
Gambar bersumber dari Thumbnail YouTube Jenny Mustard

Sebelum lebih jauh, apa misi hidup kamu?

Misi hidup aku adalah membeli rumah. Pengalaman traumatis diusir dari rumah oleh nenek di usia belia sekitar 15 tahun atau SMA kelas 1 menjadi penyebabnya. Gara gara diusir dari rumah, aku terpaksa tinggal di kos ukuran 1,5 meter x 2 meter. Di dalam satu kamar kos sempit tersebut, ada 5 penghuni.  Aku tinggal disitu bersama 2 adek, ibu, dan bapak. Parah abis. Aku sampe sakit.

Tiba-tiba takut banget dijudge, hah misi hidup macam apa itu? Iya, aku sendiri rasanya kok shallow banget ya. Ditambah lagi ada teori, kerja aja yang betul, tar semuanya bakal datang ke kamu dengan sendirinya. Ada teori rejeki itu bukan dikejar, tapi diundang.

Kemudian aku sedikit adjust misi hidup supaya ga shallow-shallow amat hehe. Kini misi hidup aku adalah menjadi seorang akademisi/peneliti/professor di sebuah universitas yang berkontribusi positif pada masyarakat. Kok kayanya ambis abis. 

Aku yakin pekerjaan itu mulia, impactful, dan passion aku. Dan pasti bisa buat membeli rumah atau bayar cicilan rumah KPR.

Susah banget buat beli rumah sekarang, karena harganya mahal abis. Kebanyakan orang mengambil KPR, karena menunggu membeli rumah cash terasa sangat tidak mungkin kecuali yah kamu crazy rich atau anaknya Bill Gates. Ini karena harga tanah/bangunan semakin menggila, belum lagi inflasi. 

KPR adalah pilihan yang bijaksana, tepat, dan sudah dilakukan banyak orang. Walaupun, ada juga sih, orang-orang yang anti utang, tapi menurut aku KPR ini bukan cuman sekedar utang, dari perspektif lain, KPR ini seperti investasi juga loh. Rumah adalah kebutuhan, apa salahnya membelinya. Lebih kecenya lagi aku baca-baca juga malah ada salah satu bank yang KPRnya tersedia dengan skema syariah, wah ini kan pasti bisa lebih berkah dan menjauhi riba ye kan hehe. Bank tersebut yakni bank Maybank.

KPR sendiri pasti udah banyak lah ya yang tau. KPR artinya Kredit Pemilikan Rumah. Semua manusia butuh rumah buat tempat tinggal. Lalu apa ya yang menjadi syarat pendaftaran KPR rumah

Syarat pendaftaran KPR rumah terbagi menjadi 3: 
1. Ketentuan Umum, 
2. Dokumen yang Dibutuhkan, 
3. Developer Rekanan.
Ini berdasarkan salah situs yang jadi rujukan aku. Beda bank beda kebijakan ya gaes.

Dilansir dari situs bank Maybank dengan program Maybank KPR AKUBISA, syarat pendaftaran kpr rumah berdasarkan ketentuan umum yakni ada 5.

1.WNI cakap hukum
2.Usia minimal 21 dan maksimal 35 tahun saat pengajuan
3.Memiliki penghasilan rutin setiap bulannya
4.Karyawan dengan minimal masa kerja 2 tahun
5.Lokasi tempat tinggal, tempat bekerja, dan objek jaminan harus berada di wilayah operasional Maybank

Syarat pendaftaran kpr rumah berdasarkan dokumen yakni ada 6.

1.Fotokopi KTP & Kartu Keluarga (Suami + Istri)
2.Fotokopi Akta Nikah / Cerai / Kematian / Perjanjian Pranikah
3.Fotokopi NPWP Pribadi
4.Fotokopi rekening tabungan / giro 3 bulan terakhir
5.Asli Surat Keterangan Kerja dan Slip Gaji
6.Surat Pemesanan Rumah

Syarat pendaftaran kpr rumah berdasarkan developer rekanan yakni: Agung Podomoro, Agung Sedayu, Argo Manunggal, Ciputra, Duta Anggada, Intiland, Sinarmas Land, dan Summarecon.
Program ini juga hanya berlaku di kota: Jabodetabek, Bandung, Semarang, Makassar, Medan dan Surabaya.

Aku entar juga mau KPR sebuah rumah. Rencananya, di usia 22 aku mulai nabung setahunan ini, targetnya 1 juta perbulan, berarti entar di usia 23 tabungan jadinya 12 juta.
Di usia 22-23: 12 juta
Di usia 23-24: 12 juta
Di usia 24-25: 12 juta
Di usia 25-26: 12 juta
Di usia 26-27: 12 juta
Di usia 27-28: 12 juta
Di usia 28-29: 12 juta

7 tahun menabung jadinya 84 juta, nah ini bakal bisa jadi uang muka. Mungkin harga rumah itunglah 300 juta. Rp.300-84= 216 juta ini yang bakal di kpr-in. I’m not an expert at this thing haha, orang awam saja, but of course I'm gonna research more regarding this matter. Karena ini kan ga main-main ya urusannya. Perhitungan ini rada mumet dan belum lagi bunga, perizinan, dan kawan2nya. 

Intinya aku mau beli rumah sebelum usia aku 30 tahun. 

Sepupu aku beli rumah 3,4 juta per bulan x 15 tahun = 612 juta, ditambah uang muka 80 juta, harga rumahnya 692 juta. Tipe 64, luas tanah 12 x 13 m.

Btw yang diatas itu hanya mulustrasi, masa iya nabung cuman sejuta doang, kan Allah maha Kaya maha memberi rezeki. Aku mau optimistis ajah dalam hidup. 

Sepupu aku itu aja juga cuma jualan kue keliling alias ukm, tapi bisa dan berani kpr rumah. Aku juga mesti berani dong. Tapi entar kayanya pas aku udah nyelesein skripsi ini.

Segitu dulu dari aku, moga bermanfaat. Goodluck ya buat yang mau mulai KPR:). Stay safe, stay happy, stay healthy, stay minimalist and stay blessed:)