Halo pembaca sekalian, apa kabarnya? Semoga sehat dan baik-baik saja yaaa. Btw kali ini aku mau berbagi cerita sedikit soal skincare rutin aku. Yes, aku mau cerita dan review Kojie San Skin Lightening Soap atau Kojic Acid Soap.

Semakin hari aku semakin berupaya untuk bergaya hidup sehat. Bergaya hidup sehat bermakna luas. Kali ini aku mau mulai dari yang paling atas dan utama, kesehatan wajah. Wajah pada tubuh kita adalah ibarat halaman rumah. Bersosialisasi dengan manusia lain, yang dilihat pertama kali adalah wajah. Wajah yang sehat tentu merefleksikan metabolisme yang sehat pula. Sehat adalah satu kesatuan, tidak bisa dipisah-pisah, tidak bisa hanya tubuh saja yang diberi nutrisi, wajah juga perlu.

Punya kulit wajah yang sehat menjadi tujuan aku karena Tuhan telah menciptakannya sedemikian rupa. Apa yang diberikan Tuhan pada kita mesti kita syukuri dengan merawat dan menyayanginya sebaik mungkin. Cara aku merawatnya yaitu dengan membersihkannya dengan benar. Sebelumnya aku menggunakan milik brand ternama, namun wajahku tidak cocok dan selalu bermasalah. Kemudian salah satu temenku Kak Dian miku menyarankan untuk menggunakan KojieSan karena dia juga pakai dan cocok di dia. Kak Dian bilang sabunnya bisa untuk pengelupasan atau exfoliating. Aku yang sudah tidak cocok pun segera berpindah ke Kojie San Skin Lightening Soap atau Kojic Acid Soap.

Review jujur aku menggunakan sabun kojie san atau kojie san skin lightening soap ini sangat memuaskan. Wajah aku jadi lebih sehat, lebih cerah dan suprisingly ga jerawatan/komedoan lagi. Udah sekitar 5 bulan aku make ini dan aku terus repeat order. COCOK!!!

Ilustrasi kulit wajah yang semakin sehat.

Data dari healthline, kojic acid ini adalah senyawa yang merupakan produk sampingan dalam proses fermentasi beras malt yang digunakan dalam pembuatan sake. Kojic acid ini terbuat dari beberapa jenis jamur. Senyawa ini mencegah pembentukan tyrosine yang merupakan senyawa asam amino yang dibutuhkan untuk memproduksi melanin. Tidak ada/sedikit melanin berarti kulit menjadi cerah.

Aku juga diajari cara memakai sabun Kojic Acid ini sama kak Dian. Kakak kece ini bahkan going extra miles dan memberi aku tempat/wadahnya sekalian. Bersyukur punya teman tulus nan sejati yang super niat seperti kak Dian. 

Waktu sabun kami habis, Kak Dian pergi ke Kamala, salah satu toko kosmetik dan perawatan wajah di Pontianak. Tapi waktu itu stok lagi kosong dan kami akhirnya membeli daring di shopee. 

Sayang seribu sayang, ternyata yang kami dapatkan palsu. Sabunnya:

1. Tidak sewangi Kojie San asli, 

2. Berbau obat/aneh 

3. Kemasan jelek, 

4. Tidak cair ketika dilarutkan dalam air dan malah berlendir.

Setelah kejadian kurang menyenangkan itu, aku pun sekarang hanya beli di toko resmi. Ini juga mesti jadi pelajaran ya buat kita semua untuk lebih berhati-hati lagi. Produk Kojie San untuk daerah Pontianak bisa didapatkan dengan mudah di banyak tempat ya. Tentunya harganya juga terjangkau dan worth it menurut aku.

Tambahan info untuk kalian ternyata Kojie San punya banyak produk bagus juga loh selain sabun. Berdasarkan umur buat kamu yang berusia sekitar 18-30 tahun, bisa banget pake Kojie San Lightening Series. Kojie San Lightening Series terdiri dari Kojie San Lightening Soap, Kojie San Lightening Cleanser+Toner, Kojie San Face Lightening Cream, Kojie San Lightening Lotion, dan Kojie San Lightening Body Wash. Untuk kamu yang ingin ada efek anti aging juga bisa banget pake Kojie San Dream White series yang terdiri dari soap, cleanser+toner, dan cream.


Tiada salahnya ya mencoba produk Kojie San untuk kebutuhan kulit sehat kamu. Aku udah make juga dan rekomen sih, karena selain harga yang terjangkau, wanginya enak, pastinya kandungan nutrisi kojic acidnya menyehatkan wajah. Selamat mencoba ya:) Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu. Sampai jumpa di postingan selanjutnya. Ciao^^