aktivitas kesehatan jantung sepasang kekasih berlari bersama
sumber gambar dari freepik.com


Akhir tahun yaaa, hari ke 366, aku mau jadi lebih sedikit berfaedah dengan berbagi bacaan menarik. Selamat membaca yaaa:)

Jadi ada fakta mengejutkan dari WHO. Fakta itu yakni pembunuh nomor satu manusia saat ini masih penyakit-penyakit seputar jantung atau grup penyakit kardiovaskular. Sekitar 17.9 juta jiwa meninggal karena grup penyakit ini. 1 grup penyakit kardiovaskular terdiri atas beberapa penyakit seperti penyakit jantung koroner, penyakit serebrovaskular, penyakit jantung rematik. Angka 17.9 juta ini luar biasa. Berdasarkan statistik berarti ⅓ penyebab kematian secara global adalah penyakit yang berhubungan dengan jantung. 

Hari ini aku mau sharing juga tentang olahraga dan diet untuk kesehatan jantung dan pastinya efeknya juga untuk organ-organ tubuh lainnya. Ini karena satu kesatuan kan ya dan tidak bisa dipisah-pisah. Jantung atau tubuh kita adalah ciptaan dari Tuhan yang mesti kita jaga dan sayangi dengan baik yaaa.

1. Olahraga

Dilansir dari situs terpercaya John Hopkins Medicine, Prof. Kerry Stewart seorang Professor bagian kardiologi dari John Hopkins University, mengatakan ada 3 jenis olahraga yang direkomendasikan untuk meningkatkan kesehatan organ jantung. 

Ketiga jenis olahraga yang direkomen sama Prof yakni yakni aerobik, olahraga resistensi, dan peregangan.

1.1 Aerobik

Bentuk-bentuk olahraga aerobik yakni:

Jalan cepat

Berlari

Berenang

Bersepeda

Main Tenis

Lompat tali


Intensitasnya yakni:

Minimal 30 menit sehari, dan minimal 5 hari dalam seminggu.


Manfaatnya yakni:

Meningkatkan sirkulasi darah sehingga menurunkan tekanan darah dan detak jantung. 


1.2 Latihan resistensi

Bentuk-bentuk olahraga resistensi yakni:

Latihan angkat beban

push-ups, 

squats and 

Chin-ups


Intensitasnya yakni:

Direkomendasikan yakni paling sedikit 2x dalam seminggu tapi tidak berturut-turut misal senin selasa. Tapi sebaiknya senin 1x, kemudian jumat 1x. 


Manfaatnya yakni:

Penelitian menunjukkan bahwa kombinasi latihan aerobik dan latihan resistensi dapat membantu meningkatkan kolesterol HDL (baik) dan menurunkan kolesterol LDL (jahat).


1.3 Latihan peregangan

Bentuk-bentuk latihan peregangan yakni:

Latihan keseimbangan

Taichi 

Yoga

Chin-ups, Squat, Push-ups


Intensitasnya yakni:

Setiap hari, sebelum dan sesudah olahrga.


Manfaatnya yakni:

Latihan fleksibilitas, seperti peregangan, tidak secara langsung berkontribusi pada kesehatan jantung. Tapi apa yang mereka lakukan bermanfaat bagi kesehatan muskuloskeletal atau otot dan tulang. Kesehatan ini yang memungkinkan untuk tetap fleksibel dan bebas dari nyeri sendi, kram, dan masalah otot lainnya. Fleksibilitas merupakan bagian penting untuk melakukan latihan aerobik dan pelatihan ketahanan.

Secara lengkap Prof Stewart bilang “Jika Anda memiliki kesehatan otot dan tulang atau muskuloskeletal yang baik, maka memungkinkan untuk latihan yang mempersehat jantung.”

Bonusnya, latihan peregangan, fleksibilitas dan keseimbangan membantu menjaga stabilitas dan mencegah jatuh. Jatuh dapat menyebabkan cedera yang membatasi jenis latihan lainnya.

2. Diet

Dilansir dari situs kampus harvard bagian sumber nutrisi, sangat disarankan untuk kesehatan jantung maka mengonsumsi banyak buah, sayuran, gandum utuh. Penting untuk makan secara sedikit alias hindari daging merah dan daging yang diproses serta gula dan sodium yang tinggi atau berlebihan.

Diet untuk kesehatan tubuh

Panduan lengkapnya bisa dilihat di gambar di atas ya. Kalau saya sekarang memutuskan menjadi flexitarian. Bagi saya cukuplah makan hal-hal enak itu sebulan sekali atau sebulan dua kali. Selain karena saya mahasiswa qismin juga ini langkah nyata saya menyelamatkan bumi. Data dari The New York Times, Di Amerika Serikat, 42 persen of emisi datang dari peternakan. Secara global, hasil peternakan menyumbang 14,5 persen dan 18 persen emisi gas rumah kaca yang disebabkan oleh manusia. Peringkat 1 nya yakni penggunaan energi sebesar 73% (Data dari WRI).

Sekian artikel tentang jantung. Semoga bermanfaat yaaa. Kalau favorit saya yakni berlari dan latihan kelentukan/peregangan. Kalau kamu?

Artikel ini bersumber dan disarikan dari:

https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/3-kinds-of-exercise-that-boost-heart-health

https://www.who.int/health-topics/cardiovascular-diseases/#tab=tab_1

https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/disease-prevention/cardiovascular-disease/preventing-cvd/

https://www.nytimes.com/2018/01/25/climate/cows-global-warming.html