sumber: Tim Samuel, https://www.pexels.com/photo/crop-passenger-with-navigator-app-on-smartphone-in-taxi-vehicle-5835455/

Di dunia yang serba online ini sangat memudahkan bagi siapa pun untuk beraktivitas keluar rumah tanpa harus lelah menyetir sendiri. Tersedia transportasi berbasis online yang bisa kamu gunakan untuk bepergian sendiri bahkan bisa dibayar menggunakan paylater. Namun kamu tetap harus waspada dengan risiko kejahatan yang ada di sana, agar bisa lebih aman kamu bisa mengikuti tips-tipsnya termasuk membayar secara cashless dengan  menggunakan aplikasi paylater terbaik.

Jangan lengah saat menggunakan transportasi online, karena kejahatan bisa saja terjadi. Oleh sebab itu kamu wajib tahu tips aman bepergian sendiri sebelum memutuskan untuk menggunakan transportasi online.

Tips Aman Bepergian Sendiri dengan Transportasi Online

Kamu harus tetap tenang dan jangan overthinking, karena tidak semua transportasi online berbahaya. Namun kamu tetap harus waspada di sepanjang perjalanan untuk mengantisipasi apa pun yang terjadi. Berikut ini tips yang bisa kamu terapkan ketika menggunakan transportasi online seorang diri:

Pilih Titik Penjemputan yang Ramai

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan kamu sebaiknya memilih titik penjemputan di tempat umum yang ramai. Hal ini karena sering diberitakan bahwa pelaku kejahatan akan melancarkan aksinya di tempat sepi. Oleh sebab itu akan lebih baik jika kamu memilih lokasi titik penjemputan di keramaian. Jika terjadi kejahatan maka akan banyak mata yang menyaksikan kejadian tersebut.

Melewati Rute yang Kamu Kenali

Jika menggunakan alat transportasi online hendaknya kamu tahu rute yang akan dilewati. Namun jika kamu baru pertama kalinya ke tempat tersebut, maka kamu bisa menggunakan alat bantu aplikasi google map untuk memantau rute yang benar.

Kamu bisa terus mengawasi rute yang dilewati oleh driver, komunikasikan rute yang benar kepada driver. Jika kemudian driver tidak melewati rute yang benar maka ingatkan dengan baik agar tetap aman.


Pastikan Identitas Pengendara Sesuai Aplikasi

Demi keamanan perjalananmu maka sebelum menaiki alat transportasi online yang dipesan, kamu harus memastikan antara identitas driver dengan aplikasi. Jika tidak sesuai maka tolaklah, jangan naik kendaraan tersebut. Selain identitas pengendara, nomor polisi kendaraan juga harus kamu periksa demi keamanan. Jika sudah cocok semua, maka naiklah degan nyaman. 

Beri Informasi Pada Keluarga atau Sahabat

Sebelum berpergian menggunakan transportasi online jangan lupa untuk mengabari keluarga seperti ayah, ibu, suami/istri. Selain keluarga orang yang bisa kamu kabari adalah sahabat. Hal ini penting dilakukan untuk berjaga-jaga. Jika nanti terjadi hal-hal yang tidak diinginkan maka keluarga atau sahabat dapat memberi informasi yang benar pada pihak berwajib.

Jangan Gunakan Perhiasan yang Mencolok

Ada ungkapan jika kejahatan terjadi bukan hanya karena niat, tetapi karena ada kesempatan. Menggunakan perhiasan mencolok saat berpergian sendiri sangat tidak disarankan karena bisa mengundang niat jahat.

Begitu juga saat berada di kendaraan online, kamu tidak pernah tahu apa yang dipikirkan driver. Jadi untuk berjaga-jaga akan lebih baik jika tidak menggunakan perhiasan berlebihan yang mencolok.

Pastikan Baterai Handphone Penuh

Image 2

https://www.pexels.com/id-id/foto/tangan-smartphone-internet-pengisian-daya-4387779/


Ini termasuk tips yang sangat penting, yaitu periska dulu handphone yang digunakan dan pastikan baterainya masih penuh saat dibawa. Hal ini akan memudahkan kamu untuk mengakses google map atau aplikasi map. 

Lalu kamu juga bisa mencatat jika ada yang mencurigakan di sepanjang perjalanan. Kemudian kamu bisa menghubungi keluarga atau sahabat jika terjadi keanehan degan transportasi online yang digunakan.


Jangan Sampai Tertidur dalam Perjalanan

Kamu tidak boleh yaa tertidur selama perjalanan menggunakan transportasi online. Meskipun misalnya kamu kelelahan setelah seharian beraktivitas, tapi kamu tetap tidak boleh sampai tertidur.

Hal ini penting dilakukan sebagai bentuk rasa waspada terhadap sekitar. Penting untuk tetap terjaga agar terhindari dari hal-hal yang tidak diinginkan selama dalam perjalanan.

Simpanlah Barang Berharga di Dalam Tas

Jika ada barang bawaan yang berharga, akan lebih aman jika kamu simpan di dalam tas. Dengan begitu tidak akan mencolok dan menarik perhatian orang asing. Niat jahat bisa hadir kapan saja dari siapa saja, oleh sebab itu kamu harus pandai menjaga diri dan barang berharga yang kamu miliki. Simpan saja semua barang berharga di dalam tas  dengan baik. 

Cashless dengan Paylater Akan Lebih Aman

Pembayaran non tunai atau cashless menggunakan aplikasi paylater terbaik akan lebih aman saat kamu harus bepergian sendirian dengan transportasi online. Hal ini karena kamu tidak perlu kontak langsung dengan driver saat melakukan pembayaran. 

Pilihan pembayaran paylater juga akan membantumu melakukan pembayaran saat kamu tidak memiliki cash. Jangan lupa aktifkan dulu fitur paylater yang ada pada aplikasi paylater terbaik dengan mengikuti cara mengaktifkan dengan benar.

Aktifkan Tombol Darurat

Saat menghadapi keadaan darurat dan berbahaya, jangan lupa untuk mengaktifkan tombol darurat jika diperlukan. Seperti halnya cara aktifkan aplikasi paylater terbaik yang mudah, cara mengaktifkan tombol darurat juga sama mudahnya. Pada aplikasi ada tombol darurat yang bisa digunakan saat kondisi darurat, sehingga laporanmu akan cepat mendapatkan respon jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Manfaatkan Fitur Paylater untuk Pilihan Tepat Pembayaran

Pembayaran transportasi online memang bisa dilakukan dengan banyak cara, akan tetapi yang paling aman adalah secara cashless. Salah satu pilihan pembayaran cashless saat menggunakan transportasi online adalah memanfaatkan fitur paylater kartu kredit digibank by DBS yang memberikan banyak penawaran menarik.

Pengguna dijamin puas dengan sistemnya, cara aktifkan paylater dari digibank by DBS juga sangat mudah dilakukan. Aplikasi paylater terbaik dari kartu kredit digibank by DBS ini menawarkan transaksi lengkap, mudah dan terjamin aman kepada pengguna, sehingga kamu tidak perlu khawatir lagi dalam bertransaksi secara online. Tak hanya itu saja, digibank Paylater juga menyediakan konversi cicilan instan selama 24/ kapanpun dan dimanapun melalui aplikasi digibank by DBS saja. 

Tidak ketinggalan ada penawaran kartu kredit dan pinjaman juga. Bagi kamu yang membutuhkan informasi lengkap tentang produk paylater digibank by DBS dan layanannya, bisa klik di sini.