Sunday, July 7

Surabaya Stories Day 2

What a day. Alhamdulillah sudah Day 2 aja. Mau banyak2 bersyukur dan berpikir positif. Berpikir negatif, prasangka, merasa rendah diri, apalagi mengeluh adalah hal hal sangat harus aku abaikan saat ini. Life is not easy for everyone. Save the complain to yourself, and do not share it in public. And to complain to let your feelings out, it is okay, but do it wisely. Try your best to be appropriate.

Hari ini belajar banyak banget. Alhamdulillah.
I should focus on the positivities and be grateful. Ignore the useless things, ignore the bad things that will make you feel less.

Hari ini memasuki ke empat kalinya, aku ketemu mahasiswa yang dahsyat banget di XLFL. Mereka semua remarkable dan outstanding. Dan, aku sampai di posisi pernah insecure gitu, do I deserve the seat of this XL Future Leaders program. I keep questioning myself. Dan akhirnya, aku capek sendiri gitu selalu mikir less tentang diri aku sendiri. Selalu rendah diri itu bener2 ga sehat.

Aku yakin ini jalan rejeki dari Allah untuk aku supaya aku bisa jadi manusia yg lebih berkualitas untuk selanjutnya ilmu2 kece yang aku dapet di program XLFL ini bisa aku bagi ke temen2 semua.

Dan daripada kekurangan2 aku, aku yakin di dunia ini ga ada yang sempurna kecuali Allah SWT. I will embrace myself. I am already trying my best to overcome my weakness. I am already practicing everyday. Now, relax, about the result or outcome, it is not my business anymore, but God.

Hari ini day 2 aku di Surabaya. Ada cerita unik lagi, yakni, aku dan temenku dari Manado, Sharell, kita cuma ngebook tempat penginapan itu satu malam. Ngetest aja dulu gitu. Dan tempatnya emang lumayan bagus dan nyaman. Eh begitu mau check in lagi paginya, tempat itu dah fully booked. Hiksss. Kita terpaksa pindah hostel. Kita akhirnya pindah ke Orange Kost di Jalan Halimun. Orange kost menurut aku juga lumayan nyaman dan terjangkau buat mahasiwa :). Naik ojol sekitar 8--9ribuan gitu dari hostel ke tempat workshop.

Hari ini aka Workshop 3 itu aku dan temen temen batch 7 Surabaya cohort ada agenda industrial visit dan besoknya bakal pecha kucha. Di industrial visit, aku berkesempatan buat explor XL Centre yang ternyata sistemnya itu mirip bank. Setelah itu ke salah satu retailer outlet yang berprestasi, terakhir ke Data Center XL aka Surabaya Network Building. Pertamakalinya ngeliat sistem server yang wah banget. Alhamdulillah. Sayang ga ada fotonya, ga boleh foto sebenarnya, ini karna alasan keamanan. Dan after workshop aku merasa bahagia banget, aku spend waktu aku secara baik, ga kayak biasa, overusing sosmed. One of my bad habits.
Berikut aku juga mau sharing pelajaran2 berharga yg aku dapet kemarin di Workshop 3.
1. Aku juga diingetin lagi dengan thinking tools kaya PMI, Scamper, Bus Stop, KWL, dan DeBono 6 thinking hats. Dan kembali diingetin juga tentang inquiry learning cycle.
2. Aku belajar tentang perusahaan XL Axiata, purpose dan culture perusahaan telekomunikasi kedua terbesar di Indonesia. Apa sih tujuan mereka. Dan ternyata emang kece abis. Bahkan ada sharing dari pegawainya juga yg udah 22 tahun bekerja di XL. Mantap banget. Beliau ngejelasin tentang Corporate Identity. Konsep segitiga, brand, strategy, purpose/vision/mission. Ini bermanfaat banget. Budaya kerja disini juga menginspirasi untuk di duplikasi di lingkungan kita.
3. Materi marketing XL. Ada 7 principle, yakni, place, price, product, promotion, process, people, dan physical evidence. 
4. Materi sales. Tentang gimana ngejualin brand dan distribusi barang dan strateginya.
5. Beda marketing dan sales. Ternyata bedanya yakni, marketing itu gimana ngedeliver brands ke target, sedangkan sales itu gimana cara ngejual brand, the way of distribution gitu. Emang mirip sih, tapi itu ada bedanya, beda strategi dan definisi. 

Dan btw ini juga tabel pengluaran Day 2 aku untuk Surabaya Stories ini.
Berhubung makan dan minum ditanggung XL, aku bersyukur banget :).

Jangan lupa juga baca cerita yang Day 1 :).
Segitu dulu cerita kali ini, moga bermaanfaat. Kalo ada pertanyaan, saran, kritik, jangan sungkan to reach me yaaa.



No comments:

Post a Comment