Cara Menaikkan Domain Authority dengan MOZ

Domain Authority adalah sebuah istilah misterius bagi aku. Banyak diperbincangkan oleh narablog sebagai syarat kerjaan nulis. Dari awal aku ngeblog tahun 2014, pas masih SMA kelas 2,  aku belum kenal. Seliweran aja gitu istilah-istilah SEO. Namun di tahun 2020 ini takdir membawaku berkenalan dengannya terutama gimana cara menaikkan domain authority. Emang rada telat. Tapi tiada kata telat buat belajar dan mengembangkan diri.

Artikel ini aku persembahkan kepada yang membutuhkan. Sebenarnya artikel ini ya buat aku sendiri dan mungkin juga buat newbie2 lain kaya aku, sebagai catatan. Jujur, sebenarnya aku rada sangsi bikin post kaya ginian secara aku masih newbie banget. Tapi apa salahnya berbagi^^ walau sebenarnya ini juga tugas kelas hehe.

Aku ikut kelas ini supaya bisa nambah value entar aku kerja di dunia ini. Aku selalu ingin ikut job-job unik dan menarik yang mengharuskan aku nulis. Eh selalu kebentur syarat, minimal DA 10, minimal DA 15, minimal DA 20. Aku yang anak bawang ga tau apapun meringis, apaan sih itu DA.

Akhirnya ya sedikit-sedikit baca sana sini jadi sedikit paham. Bukan karena aku ingin, ini adalah sebuah keharusan dalam bentuk keterpaksaan. Lah, ini kan salah satu jalan penghidupan, makanya aku harus serius. Oke, sekian intermezzonya haha.

Aku mulai dari definisi. Karena sebelum bisa penerapan, harus paham dulu. 

Definisi Domain Authority


Berdasar website MOZ sendiri dan selaku pencipta DA, DA adalah sebuah sistem skor rangking yang dikembangkan oleh Moz yang dapat memprediksi bagaimana urutan sebuah website saat tampil di hasil pencarian mesin pencari.

DA yang bagus artinya sebuah website yang mendapatkan banyak tautan/link berkualitas dari luar. DA yang bagus bisa menghantarkan website tersebut nangkring di posisi 1, halaman 1.

Di salah satu artikel, menurut Bapak Dr. Peter J. Meyers dari moz, domain authority adalah indikator dari ekuitas tautan agregat. Ekuitas artinya keadilan, tautan artinya link , agregat artinya keseluruhan. Hmm, iki opo wkwk. Ribet banget, kayanya kata kuncinya di link. Feeling aku, mungkin menurut Moz, website yang baik adalah website yang memiliki banyak link menuju website tersebut. Website yang seperti itu punya banyak link yang jujur, artinya pembaca suka dengan website tersebut atau penulis merujuk ke website dan kemudian memberi kredit dengan mencantumkan link website tersebut. Mencantumkan link dan memberi kredit ini juga banyak bentuk dan caranya.

Lanjut menurut bapak Meyers, tidak ada rahasia ajaib untuk meningkatkan faktor untuk mengontrol DA, tapi ada beberapa point utama.

1. Dapatkan lebih banyak link dengan autoritas tinggi.
2. Dapatkan lebih sedikit link spam.
3. Dapatkan lebih banyak link yang mengundang traffic.
Banyaknya traffic mengindikasikan sinyal kebergunaan artikel.

Kata seorang expert Neil Patel, impian semua marketer atau mungkin content creator ya posisi 1 halaman 1 di hasil pencarian mesin pencari, dan yang bakal dapetin posisi itu ya website yang punya Domain Authority tinggi. Lanjut menurut Neil, Google itu suka profil link yang memiliki banyak variasi, artinya profil link tersebut memiliki otoritas dan itu pertanda sebuah situs yang bagus dan dapat dipercaya.

Ketika kita memproduksi konten yang bagus, situs lain dalam satu niche itu akan memberi link ke situs kita. Ini cara organik. Selain itu bisa juga dengan menjawab pertanyaan di sebuah forum tanya jawab dan kemudian memberi link ke sebuah halaman di situs kita yang dapat menjawab pertanyaan tersebut.

Segitu deh hasil baca aka teori, sekarang aku bakal share gimana pengalaman aku ikut kelas. Aku bersyukur kepada Allah bisa belajar gratis bersama expert.

Aku bersyukur, berikut list hal baru yang aku pelajari dari kelas bersama Mas Irwin dan juga Mas Punto tentang bagaimana menaikkan DA. Mereka super kece, niat, dan super humble mau berbagi ilmu mahalnya kepada blogger rakyat jelata kaya aku.

1. Setiap ada gambar di sebuah postingan, mesti dikasih title dan alt, aku puyeng abis waktu awal-awal, apakah gerangan dua benda itu? Akhirnya paham. Kalau buat di blogspot ya,  kita klik properties. Belom pernah coba wordpress, tar aku juga mau ngeblog disana, katanya Mas Irwin dan Mas Punto, lebih oke.

2. Ada namanya SEO On-page dan Off-page. Aku rada shock, DA itu bagian dari SEO. Hmm, lah SEO aja rasanya masih asing. Belum siap mental buat terjun lebih jauh, tapi kalau mau nunggu sampai siap, kapan?

3. On-page itu mesti memperhatikan kriteria berikut ini dibawah:

Ada Keyword di Judul (55 Karakter)
Ada Keyword di Permalink (75 Karakter)
Ada Keyword di Deskripsi (155 Karakter)
Ada Keyword di 150 karakter pgraf 1
Jumlah Kata Lebih dari 600 kata
Link Internal ke Kategori
Ada H1, H2 dan H3
Keyword di nama image
Title & Alt Image/Video
Max 2 Eksternal Link
Internal Link ke dan di Artikel sejenis
Gunakan LSI Keyword
Share di media sosial (FB/Twitter/dll)
Submit di Google Search Console

Banyak kan? Ribet sih, tapi ya bakal worth it the effort lah ya, hasilnya aja posisi 1 halaman 1, masa asal-asalan. 

4. Kemudian link building aka bagian dari SEO Off-page, kami diberikan daftar situs untuk membangun link. Nah, ini mesti dilakuin dengan fair dan creative, komenlah secara relevan, dan pakai kode kesopanan intinya. 

5. Baru tau apa itu anchor text, astaghfirullah bego banget kan. Aku malu nanya di grup kayanya ini pertanyaannya sama dengan apa itu blog? Emang pertanyaan ga mutu, ya udah aku inisiatif browsing sendiri, akhirnya jadi paham. 

Banyak banget sebenarnya hal-hal yang baru aku tahu dan ga bisa ditulis semua. Padahal ini menurut aku tergolong penting untuk di bidang kepenulisan. Iya sih ya, masa kita udah buat konten bagus, tapi pembaca ngga sampai ke situs kita. Ya, walau ada teori konten bagus mah ga usah promosi tar dateng sendiri. Hmm, tapi rasa-rasanya ditambah dengan usaha dan promosi hasilnya bisa lebih optimal dan bagus. Menurut ajaran islam, rejeki kan harus dijemput secara aktif dengan berusaha. 

Ini aku share juga 5 Langkah Menaikkan DA yang bakal aku lakuin setiap hari:

1. Sebelum nulis, riset di ubersuggest.
2. Saat nulis, perhatikan kaidah dan aturan.
3. Selesai menulis, lakukan optimasi dengan submit di Google Search Console dan juga share sosial media.
4. Bikin backlink dofollow. Ini caranya banyak, yang aku suka tentunya yang simpel. Tapi aku lebih suka metode alami seperti guest post, metode silaturahmi di forum, dan bikin profil di beberapa situs.
5. Terus belajar setiap hari.

Kesan dan Pesan Ikut Kelas 30 Hari DA Naik G1 April-Mei 2020


+Gratis akses 1 bulan akun MozPro dan cara pakainya hehe.
+Pelatihnya commited, baik hati dan sabar
+Atmosfir kelas positif, temen-temen pada semangat
+Peserta dibiarkan eksplor dan tidak melulu disuapi sehingga ilmu bisa melekat.

-Aku ga suka harus manjat2 di WA, emang sebaiknya belajar itu di Google Classroom. Yang penting-penting tinggal click, ga perlu manjat2 tinggi.
-Metode belajar sudah bagus, tapi kayanya lebih seru kalo ada variasi kaya zoom atau google meet, biar sekalian kenalan silaturahim kan.

Kritik dan Saran Kelas 30 Hari DA Naik G1


Kritik sih rasanya ga ada. Sarannya konten2 penting itu ditaruh di note. Tapi ini salahnya WA ga punya fitur tersebut.

Hasil Ikut Kelas Naik DA

Kalo kelas ini dinilai dan berupa makul mungkin nilai aku C dan harus mengulang. Tapi walau hasilnya belum keliatan, aku yakin pasti entar keliatan. Ga ada yang instan apalagi untuk sesuatu yang istimewa. 

Yang selalu aku inget dari kelas ini, yakni, PUSING ARTINYA BELAJAR. Aku pusing dan kaget waktu awal-awal kelas, dan rasanya mau nyerah, eh, tapi dengan sedikit kesabaran dan ketekunan, sedikit sedikit sekarang jadi ada ilmunya.

Sekian, moga-moga bermanfaat^^