7 hikmah covid19

Hidup semua orang berubah karena covid19. Tapi sudah seperti hukum koin yang punya 2 sisi, covid19 juga punya 2 sisi. Tidak melulu negatif, krisis dan sebagainya. Mari melalui tulisan ini kita melihat covid19 dari kacamata atau perspektif yang berbeda. Covid19 juga pasti ada hikmah atau pelajarannya. Hikmah COVID19 dari saya semoga berfaedah ya.

7 Hikmah COVID19 yakni:

1. Tuhan maha kuasa. Saya selalu percaya bencana datang ketika manusia menzalimi lingkungan. COVID19 hadir karena evolusi virus, yang saya baca di berita karena pasar yang tidak higienis. Bahkan mereka mengkonsumsi binatang yang hmm, dari sekian banyak binatang yang ada di dunia ini, kenapa mesti mengonsumsi ular dan kelelawar juga. Walau ini kebudayaan yang mesti dihormati, tetapi jika membahayakan semestinya tidak menjadi budaya.

2. Orang-orang menjadi lebih bersih. Ayah saya jarang mandi, dan sejak ada virus ini, ayah saya mandi 3x setiap hari. Dan ini rutin. Saya juga jadi lebih aware sama hygiene, saya berusaha untuk selalu lebih rajin menjaga kebersihan plus kesehatan.

3. Bisnis beralih dan kita jadi belajar bagaimana mengelola krisis, melihat peluang. Mall tutup, hotel dan restoran sepi, industri pariwisata, transportasi, semuanya terdampak. Tapi kita sebagai manusia tetap perlu berkerja berusaha untuk bisa memenuhi kebutuhan hidup dan membayar tagihan.

4. Manusia jadi lebih banyak belajar. Hayo siapa yang jadi lebih banyak belajar karena gabut bingung mau ngapain di rumah. Trafik internet gila-gila-an kan ya, karena semua orang akhirnya hidup di dunia maya dan saya yakin banyak dari mereka belajar dan bekerja di dunia maya itu.

5. Manusia jadi lebih banyak bersyukur. Saya pribadi sangat bersyukur meski awalnya rada shock ayah saya ga kerja selama 2 minggu, kerjaan ngajar saya juga stop. Saya bersyukur saya punya rumah yang layak, saya bersyukur juga dapat kerjaan menulis dari beberapa agensi.

6. Manusia jadi lebih berempati. Pasti banyak dari kita yang sangat berempati dengan saudara-saudari kita setanah air, senasib dan sepenanggungan. Saya berkali-kali ngelihat di YT, saudara kita yang terpaksa tetap berjualan di jalan dan tidak bisa hanya tinggal diam di rumah. Hati saya teriris, saya sedih banget, tapi saya ga bisa bantu banyak, hanya bisa kirim doa, dan bantuin lewat lembaga charity seperti Dompet Dhuafa atau BAZNAS. Mereka bahkan bilang, lebih baik mati karena virus daripada mati kelaparan di rumah.

7. Manusia jadi lebih terampil. Berkaitan dengan point 4, karena manusia jadi lebih banyak belajar, manusia juga tentu jadi lebih terampil. Saya pribadi kalau bosen saya buka app duolingo buat belajar bahasa Perancis. Doa saya tentu saja mudah2an bisa studi ke sana, dan saya suka saja, di telinga saya bahasa Perancis kedengaran sangat menarik.

Kita tidak bisa menghindari penyakit walau kita sudah berhati-hati dan bergaya hidup sehat, ya kita bisa mencegah dan mengobati, namun penyakit adalah hal misterius. Penyakit COVID19 bisa dialami oleh siapa saja, dan jika kamu merasa sakit, kamu mesti banget periksa ya. Supaya penularan bisa diminimalisir.

Dilansir dari situs terpercaya halodoc, untuk covid test sendiri ada 3 jenis, yang pertama: Rapid Test, yang kedua: Tes Cepat Molekuler (TCM), dan yang ketiga: Tes PCR (Polymerase Chain Reaction). Sedangkan jika menurut BBC, ada dua jenis test yakni test swab/tes diagnostik, dan test darah/tes antibodi. Pada tes darah/tes antibodi bisa memberi tahu hasil hanya dalam hitungan detik.

Dengan pemeriksaan, kita bisa jadi lebih hati-hati dan jangan sampai menularkan kepada yang lain. 

Semoga artikel ini bermanfaat^^. Boleh banget di share kepada yang membutuhkan ya, dan tetap semangat, stay safe, stay healthy, stay at home.

Love,
Kiky
ig: @riskysupriati