Selamat datang di postingan terbaru saya. Tinggalkan postingan ini jika anda sudah advance, tapi masa iya seorang ahli mampir di postingan newbie kaya gini kan hehe. Postingan kali ini khusus bangsa newbie dalam ngeblog seperti saya yang sedang membutuhkan hosting murah gratis domain. Semoga berfaedah.

Definisi bangsa newbie: 

1. Masih menggunakan blogger yang free hosting. Ini kebijakan yang sudah berlangsung sejak di launch di 23 Agustus 1999, pemiliknya adalah google. Tapi kita hidup di dunia yang dinamis, tidak menutup kemungkinan, kebijakan ini bisa saja berubah. Kita mesti siap-siap.

2. Pengguna wordpress yang ingin lebih terlihat professional ga mau ada embel2 situssaya.wordpress.com.

3. Pengalaman dan ilmu ngeblog masih newbie, atau mungkin kurang dari 10 tahun.

Ini definisi saya ya, kalo ga suka dan ga setuju ya gapapa. 

Saya tidak tau ingat pasti kenapa saya end up menggunakan blogger. Dulu itu ngeblog, hanya ada 2, kalau tidak blogger ya wordpress. Dan takdir membawa saya ke blogger. Saya belum pernah pake wordpress, sejauh ini saya baru ngetik wordpress.com terus dikasih tau sama mentor kalo ternyata yang betul yaitu wordpress.org, hiks newbie abis. Namun saya pernah pake wix. Tapi saya pingin coba juga wordpress karena tokoh panutan saya pada pake itu.

Saya selepas skripsi saya beres, akan fokus ngeblog lebih serius. Cita-cita saya semoga bisa sekece Neil Patel. Dosen saya bu Rahayu selalu mengajarkan saya untuk bermimpi besar. Sebenarnya cita-cita saya ingin berkontribusi buat banyak orang aja sih, ga mesti juga jadi Neil Patel. Eh tapi, kita mesti kembali ke laptop.

Apa itu Hosting?

Hosting menurut saya sebagai blogger newbie adalah mesti bayar. Tapi menurut expert aka wikipedia, hosting artinya sebuah pelayanan internet yang membuat sebuah situs bisa diakses oleh WWW atau world wide web. 

Ribet? Jelas iya.Tapi dengan perumpamaan, moga kita bisa lebih paham. 

Btw apa hosting ini sudah bahasa Indonesia ya? Hmm. 

Jadi hosting itu ibarat seperti tuan tanah/rumah. Situs adalah penyewa. Nah, si tuan rumah aka hosting memberikan fasilitas seperti rumah dan dengan segala fasilitasnya untuk menyimpan barang-barang si penyewa. Si penyewa atau situs kan pastinya ada usaha dan perlu menyimpan barang dagangannya kan. Si penyewa tentu perlu bayar ke tuan tanah/rumah. Seperti itu ibaratnya.

Sebagai blogger yang berplatform blogger, saya hostingnya di tampung google, karena gratis ya fasilitasnya ya, ala kadarnya.

Tentu saya ingin pindah ke rumah yang lebih bagus, alias hosting.

Ini jadi bikin saya penasaran, bisa ga ya saya beli rumahnya sekalian kalo udah kaya tentunya entar. Beli hosting selamanya gitu, apa sistem ini ada di internet/www, haha. Yang saya tahu, beli hosting mesti bayar pertahun. 

Dan yang saya tau tentang dunia perhostingan ini ya domainesia.com. Dan Domainesia.com punya program hosting murah gratis? Wah, saya tertarik.

Setelah saya cek ke websitenya, mungkin ini program hanya ada di saat tertentu bukan saat sekarang. Atau setelah saya cek ini sebenarnya hosting murah gratis domain domainesia. Di dunia ini mana ada yang gratis.

Sungguh menarik, banyak paket beragam yang sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Daftar Paket HostingMurah Gratis Domain Esia

Blogger newbie seperti saya sepertinya bakal beli paket yang extra dulu dengan harga 16kper bulan. Ini yang affordable dengan situasi saya yang masih belum total ngeblog karena saya mesti kelarin skripsi saya dulu.

Tapi saya percaya situs saya entar bisa gede n sukses, dan mungkin saya bakal perlu paket super 32k/bulan atau 64k/bulan. Paket super 32k/bulan bahkan gratis domain.

Itu juga gara gara saya klik paket hemat diskon 20% yaaa.

Ada juga paket hosting buat bisnis, nama dan harganya mikro 80k/bulan, mega 160k/bulan, giga 320k/bulan, exa 640k/bulan. Detailnya bisa lihat di domainesia. 

Saya pribadi bakal pilih domainesia karena detail abis, dan juga dipercaya oleh enterprise sekelas indomaret, itb, dan mereka juga punya rating 4.6 dari 5, keren abis ga tu. 

ROI/BEP

Semenjak gabung kelas XL Future Leaders, saya jadi belajar tentang bisnis. Ini butuh banget analisa penting. Saya suka istilah 2 diatas, saya belum ahli sekarang, tapi mana tau besok. Sejauh ini ROI artinya Return of Investments dan BEP artinya Break Even Point. Awam saja, saya mau tau, saya cuannya kapan hehe. Dan ini blog-blog saya, ya suka-suka saya nulis apapun. Asalkan ga melanggar hukum dan norma.

Saya memutuskan ingin beli paket super 32k/bulan, pajak 10%, berarti 35.2k/bulan. Ini jelas banget bisa balik modal dengan nulis atau jualan atau iklan. Akan saya pertimbangkan. Apalagi fasilitas bisa sampai 2000 pengunjung perhari. Keren. 

Saat ini saya di blogger, saya hanya beli domain 125k/tahun dan pajak 10%, berarti 137.5k/tahun = 12k/bulan.

Perbedaannya sekitar 23ribuan.

Ini jadi pertimbangan buat saya entar. 

Saya juga pengen ngerasain hosting, masa mengaku blogger, blog saya cuma satu. Pengalaman yang kaya bisa membawa saya pada pendewasaan. Saya yakin dan sudah diyakini lebih banyak orang juga, mereka bahagia di wordpress dan hosting.

Saya tidak akan meninggalkan blogger, karena blogger rumah saya. Tapi tiada salahnya kita beli rumah lagi untuk diberikan ke ortu/siapapun yang membutuhkan, menyebar manfaat.

Mungkin belum sekarang, saya mesti kelarin skripsi saya dulu.

Tapi saya sangat tertarik dengan paket super, ini bisa bikin saya naik level, dan mana tau saya bakal jadi top blogger Indonesia yang bisa rank one page one, haha, aamiin.

Sekian, moga bermanfaat. Tetap semangat ngeblog ya, jangan lupa komen:)