jasa pengiriman barang bisnis milenial tips dan trik pemula
Photo by Nynne Schrøder on Unsplash
Jasa pengiriman barang memegang peranan penting suksesnya bisnis milenial. Generasi milenial sangat suka hal-hal yang berbau daring aka online termasuk dari segi bisnis. Bisnis milenial sama dengan bisnis daring atau online tapi offline juga ada sih~ Milenial anti ribet dan maunya informasi jasa pengiriman itu diujung jari mereka. Ini pengalaman pribadi saya sendiri sih hehe.

Di era serba digital seperti sekarang mengelola bisnis adalah suatu keniscayaan. Apalagi bagi kaum milenial yang sangat suka belanja dan berdagang online. Kaum milenial menurut KBBI adalah orang atau generasi yang lahir pada tahun 1980-an dan 1990-an. Menurut BPS dilansir dari tirto, milenial adalah mereka yang berusia 20-34 tahun. Dilansir dari Setkab.go.id, Data BPS 2018 mencatat bahwa populasi generasi milenial sekitar 90 juta orang, ini pasar prospek banget loh. Saya yang termasuk generasi ini sangat suka hal-hal yang berbau online. Bagi saya bisnis online juga adalah kegemaran. Asyik aja gitu jualan online. Jualan online itu pengalaman yang menurut saya sendiri menyenangkan dan menantang.

Saya pernah beberapa kali jualan online, tapi tidak begitu berhasil. Hal itu karena saya belum kepepet. Kerjaan saya sebagai mahasiswa nyambil guru les bahasa Inggris nyambil penulis nyambil penerjemah MENYITA WAKTU saya. Jadinya saya jualan itu ya hanya hobby dan suka-suka, coba-coba. Wajar lah ya tidak berhasil. Saya kurang ilmu, saya kurang riset. Tapi tentunya saya belajar dari pengalaman dong. Apalagi kini saya lagi skripsian dan mulai ancang-ancang mau lanjut kemana nih.

Saya jadi ingat ajaran rasulullah kalau 9 dari pintu rezeki adalah berdagang. Ditambah lagi pemerintah moratorium penerimaan PNS kan ya. Apa salahnya mencoba berjualan online, bayangan saya, pasti menyenangkan.

Dalam berbisnis/berdagang tentu jasa pengiriman adalah sangat penting karena memindahkan produk dari penjual ke pembeli. Saya masih belum memantapkan pilihan akan berjualan online apa. Saya masih riset-riset produk yang ingin saya jual.

Tapi saya sebenarnya ingin punya toko online unik. Jadi saya berjualan barang-barang berguna namun unik. Saya ingin toko hadiah saya jualan 7 jenis barang saja, biar sederhana. Nafasnya adalah sustainable, healthy, minimalist living. Produk-produk dari toko saya cocok untuk hidup sehat, minimalis dan berkelanjutan alias ramah lingkungan. Saya ingin jualan:

  1. Kotak bekal anti tumpah
  2. Botol minum cantik
  3. Buku
  4. Kotak pensil lucu
  5. Aksesoris penghias tas/jaket (jacket pin / metal brooch / pin badge)
  6. Aksesoris penghias koper (stiker / luggage tag)
  7. Aksesoris handmade, made by order, cute necklace/ring/bracelet

Saya rencananya jualan di shopee, tokopedia, dan etsy.

Saya masih ada PR banyak sih utamanya di business planning.

Sebagai pedagang kreatif perlu dong jasa pengiriman paket yang baik supaya bisnis lancar dan pembeli senang.

Saya rencananya juga jualan tiga versi. Ada versi lokal (jualan untuk level kota saja), versi nasional (jualan untuk level negara artinya saya kirim ke manapun asalkan masih di Indonesia, versi global (riset belum selese T_T jadi saya belum yakin dan saya harus belajar lagi jika ingin ekspor atau ngirim ke LN). *updated soon ya manteman*

Jasa Pengiriman GoSend GoBox Bisnis Milenial
Untuk dalam kota sendiri, saya bakal menggunakan GoSend, karena ini yang paling praktis dan terjangkau. Berhubung saya jualannya barang-barang kreatif yang ringan aka kurang dari 20 kg, jadinya saya cocok pake ini. GoSend itu cukup keren menurut saya, karena barang bisa nyampe dalam sehari, keren gak tuh. Harga untuk Pontianak start dari 14000 bergantung jarak. Menurut saya ini terjangkau.

Saya optimis GoSend bisa makin maju dan entar ngasih banyak promo bikin seneng pelanggannya. Saya yakin juga entar harganya bisa lebih terjangkau.

Karena target market saya memang yang sudah bekerja, saya rasa 14000 tidak jadi masalah untuk barang kreatif yang lucu dan memberi semangat apalagi jika ini hadiah atau kejutan kan ya kepada orang tersayang.

BTW, setelah saya liat lagi ternyata Gojek juga punya GoBox, ini kalau mau pindah rumah bisa banget, karena sama dengan mobil pick up gitu, beratnya maks 1000 kg atau 1 ton. Selain kegunaannya untuk pindah rumah, ini juga berfungsi untuk bisnis yang berat produk-produknya di atas 20kg dan pastinya mungkin udah skala menengah atau besar.

Kalo jualan versi nasional dan global mungkin saya akan menggunakan metode lain.

Itulah tips dan trik pemula bisnis milenial. Semoga bermanfaat ya. Jika teman-teman ada tips penting bisa juga berbagi di kolom komentar:). Terimakasih sudah berkunjung^^