Beberapa bulan terakhir ini aku menyadari aku mengalami gangguan mood atau suasana hati. Penyebabnya cukup kompleks dan beragam. Gangguan mood yang aku alami cukup berdampak negatif pada kemajuan studi aku.

Jujur saja, aku sudah terlambat 1 semester. Seharusnya aku lulus bulan Juli lalu. Ini sesuatu yang menurutku sebaiknya tidak terjadi. Gangguan mood menyebabkan aku tidak punya semangat bahkan untuk sekadar membuka laptop atau membaca jurnal untuk kepentingan skripsi.

Beberapa pekan ini aku mulai menyadari apa yang sebenarnya terjadi. Aku introspeksi diri dan menyadari gaya hidup dan kebiasaan aku yang kurang mindfull, kurang sehat. 

Tapi aku bersyukur, Indonesia punya situs ajaib bidang kesehatan yang bernama SehatQ.com. Pertemuanku dengan situs ini berasal dari mesin pencari Google, milenials abis ya hehe. Sebagai milenials tentu memang kita sangat butuh ya ilmu dan pengalaman dari expert atas hidup kita, dan dimana lagi kita baca kalau bukan dari situs karena mengingat buku itu harganya mahal, menebang hutan, dan bisa-bisa agak melanggar prinsip hidup minimalis. 

Ajaibnya, situs ini lebih dari sekadar situs. SehatQ ini punya banyak info kesehatan yang tentunya ditulis secara bertanggung jawab oleh ahlinya. Info kesehatan dari website ini menemaniku memahami lebih jauh gangguan mood yang aku alami. Aku bersyukur saat bertanya pada Google, situs ini muncul dan membuat aku lebih memahami dan mengurangi panik sebelum aku mengambil Tindakan Medis lebih jauh. 

Tidak hanya info kesehatan, situs ini bahkan go extra miles dengan juga menghadirkan fitur toko dan aplikasi. Berturut-turut nama fiturnya Toko SehatQ dan Aplikasi Chat Dokter. Ini menurut aku sangat membantu sekali memudahkan milenials seperti aku. 

Sekian ya intermezzonya, niat aku pengen pembaca setia blog ini juga kenal sama SehatQ karena tentu saja kita mesti #samasamabelajar dan #IlmuJanganStopdiSaya.

Kembali ke topik utama postingan, berikut ya aku sharing tips atasi gangguan mood dengan hidup sehat dan minimalis tentunya ala Kiky dan SehatQ.com.

lari rutin

1. Lari rutin

Dalam salah satu info kesehatan berupa artikel yang ditinjau oleh dr. Reni Utari dari Situs SehatQ.com menyarankan untuk olahraga karena olahraga bisa secara efektif memicu keluarnya endorfin. Endorfin sendiri adalah hormon yang bisa memerangi bad mood. 

Untuk olahraga, aku sempet nyoba latihan split, tapi sekarang aku lagi suka banget Lari karena bosen banget di dalam kamar mulu. Tapi tentunya tetap harus mematuhi protokol kesehatan dengan menjaga jarak, pakai faceshield dan masker, serta cuci tangan.

makan sehat atasi gangguan mood

2. Makan sehat

Dilansir juga dari info kesehatan SehatQ.com ini, pola makan yang buruk bisa banget berpengaruh negatif pada suasana hati kita. Hal ini karena pola makan yang buruk itu tadi bisa mempengaruhi kandungan gula darah bahkan kasus ekstrimnya malnutrisi. Nah lohhh, makanya kita mesti mulai dari sekarang perhatikan apa yang kita makan. Ayo makan sehat seperti buah dan sayur! 

bersih bersih atasi gangguan mood

3. Bersih-bersih

Yang ketiga ini dari pengalaman aku pribadi. Sebuah studi dari Indiana University's Physical Activity Department mengungkapkan bahwa di dalam rumah yang bersih penghuninya lebih sehat dan aktif. Nah, semangat ya untuk aktivitas bersih-bersihnya.

Sekian dulu sobat pembaca 3 tips atasi gangguan mood dengan hidup sehat dan minimalis ala Kiky X SehatQ.com. Mudah-mudahan aku bisa segera update juga di sini apa 3 tips ini bisa berpengaruh signifikan karena aku baru mencobanya kurang lebih mungkin 3 bulanan. Efeknya ada terasa namun belum wow gitu. Saling sharing ya kalau di kamu bagaimana:)

Sampai ketemu lagi ya di postingan selanjutnya ya sobat blog Kiky:)