Dayamaya Kemkominfo

Halo pembaca semua. Kali ini aku mau berbagi kabar bahagia. Kemkominfo melalui BAKTI atau Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi mengadakan Program Dayamaya. Dayamaya sendiri artinya kalo menurutku mungkin Berdaya Bersama di Dunia Maya. Dunia maya kan artinya dunia digital kan ya. Program ini sangat inovatif dan menurutku keren. Program Dayamaya mengajak pelaku StartUp, komunitas, umkm digital untuk membantu mengembangkan potensi ekonomi serta solusi tepat guna untuk masyarakat di daerah 3T.

Di tahun 2020 ini ada 3 Start Up inovatif yang siap berkontribusi. Ketiga Start Up tersebut adalah Jahitin, Atourin, dan Cakap. Yang paling menarik perhatianku yakni Jahitin karena aku pribadi suka sama dunia mode ya. Kita juga tahu kan kalau kebutuhan akan pakaian adalah kebutuhan utama manusia disamping pangan dan papan. Aku sendiri pernah bertemu dan mendengar cerita langsung soal Jahitin dari CEO nya yaitu Mba Asri sewaktu ada kelas pelatihan XL Future Leaders di Surabaya.

Ketiga Start Up itu unik-unik ya. Kalau Jahitin tentang pakaian, Atourin adalah tentang perjalanan. Cakap adalah tentang pelatihan ketrampilan berbahasa asing. Jahitin sendiri juga ikut berkontribusi mengembangkan ketrampilan para penjahit di provinsi NTT khususnya di Sumba Barat dan Sumba Barat Daya. Pelatihannya juga sangat ramah lingkungan dan menjaga bumi. Ini menurut aku jadi nilai tambah banget buat Start Up Jahitin. 

Jahitin melalui program pelatihan pengolahan limbah kain tenun mengajarkan para penjahit untuk membuat produk yang bernilai jual contohnya cushion pillow. Tidak hanya itu Jahitin juga going extra miles dengan membantu penjahit mendapatkan akses pasar. 

Prestasi Start Up Jahitin juga menakjubkan terutama di masa pandemi saat kebutuhan masker meningkat. Jahitin bersama penjahit Sumba berhasil mendapat orderan 5000 masker. Dampak Start Up Jahitin juga sangat menginspirasi, penjahit di Sumba kini bisa bersinergi dengan Dinas Perdagangan.

Mari kita dukung segala usaha dan inisiatif pemerintah dan juga start up-start up tadi untuk Indonesia yang lebih adil, sejahtera dan baik. Jangan pernah lupakan saudara-saudari kita masyarakat 3T, karena mereka adalah bagian dari kita juga. Rakyat Indonesia selalu bersama-sama saling gotong royong untuk kehidupan yang lebih sejahtera. Langkah konkrit Program Dayamaya dan juga Start Up-Start Up mesti kita dukung dan apresiasi penuh. Terimakasih sudah membaca.