Hotel hemat ala mahasiswa
Picture credit from coast magazine, The Carbis Bay Hotel, Cornwall, UK
Halo pembaca semua apa kabarnya? Aku berharap kabarnya baik-baik saja ya. Semoga selalu sehat, sejahtera dan bahagia. 2021 sudah di depan mata. Ayo kita songsong dengan optimisme positif untuk kegiatan perjalanan/menjelajah/traveling. 2020 sudah cukup bikin kita terluka dan menderita. 2020 sudah bikin kita terkungkung dirumah saja. Alhamdulillah vaksin sudah berhasil ditemukan juga kan ya. Ayo kita bahagiakan diri kita. Sebelumnya kita semua sudah cukup menderita karena tetap di rumah. Berlebihan ketika tetap dirumah tetap saja berlebihan. Efek negatifnya buat aku kerasa. Overthinking lahir dan mematikan semua harapan dan mimpi. Jika kita traveling, pikiran kita akan sibuk riset mengenai tempat baru, bukan malah overthinking hal-hal menakutkan dalam hidup yang bikin kita kehilangan semangat dan harapan.
 
Tentu dalam traveling kita memerlukan hotel kan ya sebagai tempat beristirahat. Sekalian aku mau berbagi tips memilih hotel hemat spesial untuk mahasiswa backpacker. Tips ini tergolong essential karena hampir separuh pengeluaran itu biasanya habis di hotel. Walaupun mahasiswa bukan berarti kita tidak bisa menginap di hotel ya teman-teman. Dengan tips ini, mahasiswa juga bisa menginap di hotel. Simak baik-baik tipsnya yaaa.

Sedikit latar belakang:
Sewaktu masih jadi mahasiswa muda, aku berkesempatan berkeliling Indonesia. Berkeliling ini dalam rangka belajar dan juga kegiatan pengembangan diri yang disponsori oleh sponsor. Perjalanan dimulai sejak tahun pertama kuliah 2016, tahun kedua 2017, tahun ketiga 2018, dan tahun keempat 2019. Perjalanan di tahun kelima yakni tahun 2020 ini berhenti di Surabaya bulan Februari. Bencana bernama Corona kemudian datang menghantam dan aku sampai di akhir tahun ini hanya dirumah saja. 

Di bulan Februari itu aku tidak hanya belajar saja di Surabaya. Tapi setelah belajar aku kemudian menjelajah Bali untuk kedua kalinya. Saat di Surabaya itu aku bersama 3 teman sekelas, kami akhirnya jadi lebih hemat karena memesan satu kamar hotel saja. Jadi, tips pertama, usahakan tidak menginap di hotel sendirian.
 
Pertimbangan kami nomor satu tentu lokasi, kemudian harga, dan terakhir fasilitas. Tips kedua, gunakan aplikasi yang bisa filter dan urutkan. Aku yakin pasti banyak dari kalian gunain aplikasi traveloka karena fiturnya mudah digunakan dan lengkap. Fitur filter dan urutkan menurutku sangat penting. Kalau tidak ada fitur ini akan makan banyak waktu untuk membuat keputusan. Bisa bayangkan ada berapa banyak hotel di sebuah kota?
  
Tips ketiga yakni perhatikan waktu traveling. Traveling lah di saat low season dimana jumlah turis sedang sedikit. Jangan berlibur di peak season karena semakin banyak jumlah turis, harga semakin tinggi, ingat hukum penawaran? Berliburlah di low season karena harga-harga biasanya lebih rendah daripada peak season. Traveling juga jadi lebih menyenangkan dan damai karena jumlah turis yang tidak berlebihan.

Tips keempat, baca ulasan sebelum mereservasi kamar. Jangan sampai terkejut dengan kondisi hotel yang sebenarnya. Selalu baca ulasan hotel tersebut di aplikasi agar ekspektasi terpenuhi dan tidak kaget.
 
Tips kelima, perhitungkan jarak hotel dengan tempat tujuan. Aku selalu memperhitungkan berapa jarak dari hotel ke tempat tujuan, dan usahakan untuk tidak terlalu jauh dan bisa diakses dengan jalan kaki. Alasan jalan kaki aku tentu selain untuk hidup sehat, juga untuk hemat biaya yaaa, namanya juga mahasiswa. Biaya yang disimpan tadi bisa ditukar dengan kenyamanan dan keamanan kamar hotel kan.

Kelima tips dirangkum secara singkat yakni:
1.Usahakan tidak menginap di hotel sendirian. Usahakan punya teman perjalanan. 
2.Gunakan aplikasi yang punya fitur filter dan urutkan untuk pilihan hotel paling relevan.
3.Traveling di low season.
4.Baca ulasan sebelum mereservasi kamar hotel.
5.Perhatikan jarak hotel dengan tempat tujuan.

Sekian, semoga tips tadi bermanfaat dan sampai jumpa di postingan selanjutnya. Kalo kamu mau nambahin tips boleh banget ya, silahkan tambahin di kolom komentar^^