BAB 1
Pria Naif dan Perempuan Paranoia

    “Ini kamu gimana masa typonya banyak banget. Kamu kan baru 23 Korisya, I do expect you to be more careful.” Aku terkejut dan tersedak saat sosok itu masuk ke ruangan dan menghampiri mejaku. Ah sponge cake mahal ku jatuh ke lantai hiksss.

    Adegan ceramah pagi-pagi terulang lagi entah untuk keberapa kalinya. Kayanya mesti aku hitung mulai sekarang. Aku udah bisa tuntut nggak sih? Ini jelas perkara perlakuan tidak menyenangkan.

“Bapak ngasih datanya juga semalam kan Pak. Ya Bapak nggak ngasih saya cukup waktu. Tadi malam saya juga lembur Pak ngoreksi ulangan harian siswa.” 

    “Ini seharusnya nggak jadi alasan dong. Kayaknya kalau saya kasih ke yang lain hasilnya bisa lebih bagus.”

    Aku juga heran kenapa saat staff yang bertanggung jawab sakit dan aku yang disuruh ngerjain. Ini juga bukan jobdesc aku. Tunggu aja staff itu masuk lagi bisa kan.

    “Maaf Pak. Kelas saya in 15 minutes. Jadi saya permisi dulu.”

    Aku bangkit dari kursi dan bergegas. Sambil menarik nafas panjang, aku menguatkan diri untuk tetap sabar menghadapi Tuan Karim Bos Sekolah Ad Dawa. Karim Tarendra memang sosok yang sangat aneh. Baru pertama kali ku temui manusia macam dia. Aku terkejut saat 2 tahun lalu sejak aku bekerja di sini. Awalnya aku senang karena bisa bekerja di bawah Karim Tarendra yang sangat inspiratif dan terkenal. Dia kharismatik parah, tinggi serta sangat pintar. Tipe ideal banyak wanita rasanya. Firasat awalku mengatakan bahwa kuduga pasti ada yang tidak beres dengan dia. Di usianya yang baru 30 tahun, dia sudah Ph.D dan bisa jadi kepsek sekolah internasional masyhur. Berita di jagad medsos cuman tau luarnya dia aja. Rupanya firasat awalku memang benar. Dia manusia kejam tidak punya hati. Tuhan ternyata memang maha adil, rupanya ini kekurangannya.

    “Kusut amat Kor? Muka kamu kayak mau ngegampar orang.” Mirna menanyai wajahku yang rupanya masih terdapat ekspresi kesal. Kami berpapasan di jalan menuju kelas masing-masing.

    “Hmm. Ceritanya panjang Mir. Biasalah si K. Males deh bahas orang itu,” ujarku sambil menyesap es kopi dingin Americano yang kubawa dari rumah. 

    “Eh, ini buku kenapa renyek gitu?” tanya Mirna sambil mengambil buku laporan pensi yang mestinya jadi tugas dia.

    “Gara-gara kamu nggak masuk liat Karim ngelimpahinnya ke aku. Dan taulah kan hobinya dia ngomelin aku di tiap kesempatan.” 

    Kezalimannya padaku membuat aku hilang respek.

    “Maaf banget Kor, tapi kan rapat komite minggu depan. Hari ini juga kan Bapak bisa ngasihinnya ke aku. Aku juga nggak ngerti ya, dia kayaknya ada sentimen apa sama kamu. Haha.”

    “Lah apa urusannya dengan aku? Nggak peduli juga. Aku masuk dulu ya Mir. Dah.”

    Aku berusaha tetap tersenyum dan professional saat memulai kelas.

    “Morning Patriots. Please collect all the journal homework I gave you last week.”

Meski hatiku sedang dongkol. Rasanya ingin kubakar buku laporan yang kupegang.

    “Wah bahaya ni gaes. Bu Kori kayanya lagi bad mood. Liat tuh buku pink yang dipegang renyek gitu,” sahut salah seorang anak. 

Walau sudah menyembunyikannya dengan baik ternyata anak-anak memang intuitif. The show still must go on. Aku tetap nggak boleh melampiaskan perasaan kesal ke anak-anak yang gak bersalah.

Sehabis mengajar, aku kembali ke kantor. Kantor lagi kosong rupanya. Buku ajar dan laporan renyek tadi kuhempaskan di atas mejaku. Ponsel kukeluarkan dari sakuku untuk sekedar melepaskan penat. Mataku terarah ke story WA berisi foto sekitar 15-an orang. Mantan teman sekelas saat kuliah dulu berkumpul di sebuah restoran. Momen sempurna, kekesalan hari ini jadi berlipat ganda. Mereka terlihat bahagia dengan pasangan dan anaknya masing-masing. Persahabatan mereka yang langgeng dan abadi memang indah dan bikin iri. 

“Rapat dewan guru peringatan hari guru 5 menit lagi loh kok masih di sini?” tanya Pak Karim yang kebetulan sedang lewat. 

“Oh iya maaf Pak. Ini juga saya cuman naruh buku ajar sebentar. Bapak duluan saja”

Aku heran kenapa manusia satu ini suka banget kebetulan lewat kantor. Apes banget kayanya aku. Ini kenapa mesti papasan mulu. Pasti ada lagi yang bakal dia omelin. Ya Lord, capek banget. 

“Kok bukunya dibanting gitu? Jangan seperti itu dong Kori. Guru itu mesti santun. Kan jadi contoh buat anak-anak.”

Ini orang sewotnya kebangetan. Aku dulu pernah ada dosa apa sama orang ini. Aku bergegas memasukkan ponsel ke saku dan berjalan keluar ruangan. 

“Laporan acara Pensi tadi sudah selesai diperbaiki?” tanya Karim.

“Kan tadi saya baru aja beres ngajar Pak. Ini keringat saya belum lagi kering Pak.”

“Mirna tadi kayanya udah masuk. Kan bisa kamu serahin ke dia. Saya mau koreksi sebelum rapat komite.”

Aku akhirnya memilih tersenyum kecut. Energiku yang berharga nggak mau aku buang-buang dengan perdebatan tidak penting. Kami memasuki ruang rapat yang sudah penuh.

Aku membuka ponselku lagi karena bosan mendengarkan suara Karim. Aku mengklik lanjutan story WA Vina, mantan temen kuliahku dulu. Saat kuliah dulu aku usaha mati-matian supaya bisa diterima ke dalam geng itu. Mungkin karena kekuranganku yang banyak, aku disisihkan. Aku memang hanya membawa kemurungan rasanya. Ini bukan apa-apa. Rasa sedih ini hanya perlu aku simpan dan tahan saja seperti biasa kan.

    Aku berjalan sebentar keluar. Aku izin ke toilet. Aku mencoba melupakan apa yang barusan kulihat. Rapat berlanjut dan keputusannya bakal ada perayaan kecil-kecilan dari Karim untuk apresiasi guru-guru di sekolah. Lagi kesambet apa, tumben baik.

Rapat berlangsung seperti biasa. Waktu berlalu tiada terasa dan senja mulai datang. Perutku berbunyi. Bergegas ku masukkan laptop dan buku ke dalam tas kerjaku. Karim kulihat datang lagi menghampiriku. Ku siapkan diri. Apa lagi halnya Ya Lord?!

“Kamu ikut saya makan malam ya.”

Aku bagai disambar petir. Ini orang kayaknya beneran kesambet.

“Maaf Pak, saya lagi laper jadinya kurang konsen. Tapi barusan bapak bilang apa?” Tanyaku memastikan takutnya aku salah dengar perkataannya barusan.

“Kamu laper kan? Nah saya juga. Saya tunggu di mobil.”

Aku menggeleng-gelengkan kepala melihatnya berjalan keluar ruangan. Kayaknya dia emang udah gila kali ya.

Dengan berhati-hati aku berjalan keluar dari sekolah melewati parkiran yang sudah sepi. Mobil Karim masih juga di situ. Karim yang baru keluar dari toilet parkiran segera menyampiri aku. Jadi dia benerin nungguin aku? Aku tentu saja menolak karena kebencianku padanya dan juga norma sosial cuy. Dia kan pria beristri apa kata orang nanti. Kasian dong istri sah.

“Tidak baik jika orang melihat kita Pak. Maaf saya makan di rumah saja.”

“Loh kok gitu? Saya mau ngebahas tentang perayaan minggu depan.”

“Nggak bisa besok saja kah Pak. Saya capek Pak dan ini kan udah di luar jam kantor.”

“Besok sampai minggu depan itu saya full training. Jadi saya mau kamu ambil alih beberapa hal.”

Aku menghela napas dan masuk ke mobilnya.

“Kenapa di belakang?” tanya Karim.

“Takut nanti ada yang salah paham Pak.”

“Saya kan bukan supir kamu. Salah paham maksudnya?”

Rasanya aku terlalu lelah berdebat dengan Karim. Ini dia yang clueless atau aku yang paranoia ya hiksss ckckck. Di sepanjang perjalanan ku perhatikan mobilnya yang mewah. Enak banget ya jadi orang kaya kayak dia. Kapan ya aku punya mobil? 

    Akhirnya kami sampai. Aku memilih duduk di meja yang paling tersembunyi. Aku takut jadi fitnah dan omongan. Dia juga sering masuk majalah di kota. Takut ada yang mengenali. 

    Ketakutan aku rupanya kenyataan. Aku ketemu mantan teman sekelasku Vina. Dia menyapaku dan Karim. Kecilnya dunia ini ya. Aku mesti jawab apa ikiii. Lord plz help me :'

TBC to Bab 2 Kegep

Seru sekali yaaa cerita Korisya dan Karim. Apa memang ada sesuatu di antara mereka berdua? Siapa kah ya yang cocok memerankan Korisya yang cantik tapi galak dan Karim yang sepertinya naif tapi bisa dibilang hot daddy juga?

Terima kasih sudah membaca karya Kamala Tanjung.

Sampai bertemu di Bab 2 yaaa :)