Bisnis kuliner selalu menarik untuk dibahas karena tidak pernah ada matinya. Konsep terbaru dalam mengembangkan usaha satu ini bernama Ghost Kitchen. Bukan berarti ada hantu di dapur, melainkan pemilik usaha tidak membutuhkan dapur/restoran sendiri. Dalam hal ini, hanya perlu menyewa untuk kemudian menjual produk makanan atau minuman secara digital.

Perkembangan teknologi telah membawa perubahan di berbagai bidang. Tidak terkecuali dunia kuliner dimana sebagai pebisnis, Anda bisa mendapatkan keuntungan tanpa membangun restoran. Menarik bukan? Ide ini langsung populer dan banyak diminati. Lalu apa saja jenis-jenis 'Dapur Hantu' ini? Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Kitchen Pods

Jenis yang pertama adalah Kitchen Pods. Ini merupakan bentuk dapur paling sederhana dimana biasanya hanya menggunakan kontainer. Anda mungkin juga sering mengenalnya dengan food truck dimana mudah untuk berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Makanan yang disediakan juga sederhana dalam pengolahannya dan tidak membutuhkan waktu lama.


Baca juga:

5 Ide Bisnis Kreatif Selamatkan Bumi

Pengalaman buka tabungan blu BCA Digital

Jasa pengiriman barang bisnis milenial


Area yang sering menjadi titik berhenti kontainer pengiriman ini seperti, parkiran belakang restoran. Jenis dapur tersebut mempunyai ruangan yang kecil sehingga kurang nyaman untuk bekerja/memasak di dalamnya. Namun, kelebihannya memang mudah dalam hal mobilitas sehingga mampu menjangkau konsumen lebih besar lagi.

2. Commissary

Commissary juga sering disebut dengan dapur bersama. Seperti namanya, ini merupakan sebuah dapur dimana digunakan lebih dari satu restoran. Setiap brand restoran dapat bekerja memenuhi pesanan dengan menggunakan berbagai peralatan lengkap yang sudah disediakan jasa layanan Ghost Kitchen. Untuk selanjutnya dilakukan pengiriman secara online.

Dapur dengan sistem sewa ini memberikan kemudahan bagi pengusaha kuliner yang tidak mempunyai restoran sendiri atau ingin membuka cabang secara lebih hemat. Uang muka yang dipatok biasanya tidak ada. Oleh sebab itu, Anda bisa langsung menyewanya dan memilih aplikasi pesan antar terbaik untuk mendukung kelancaran bisnis.

3. Pop-Up Kitchen

Macam Ghost Kitchen selanjutnya bernama Pop-up Kitchen. Ini merupakan jenis dapur yang berada di bangunan restoran tetapi lokasinya berbeda dari dapur utama khusus untuk pesanan dine-in. Kitchen tersebut juga sering disebut sebagai inkubator dimana dipakai dalam rangka memenuhi orderan secara online saja.

Dengan memisahkan kedua dapur, maka bisa meminimalisir terjadinya kekacauan. Para petugas masak juga jauh lebih fokus menyelesaikan hidangan sesuai pesanan pelanggan. Hal tersebut dapat memberikan pemasukan tambahan lebih baik sehingga Anda bisa mempertimbangkan membuat konsep baru tersebut.

Fasilitas yang Harus Disediakan

Untuk dapat menerapkan Ghost Kitchen secara baik, Anda membutuhkan sejumlah fasilitas penting. Hal tersebut akan mendukung proses pemesanan dan pengiriman makanan. Siapkan gadget, baik berupa smartphone atau tablet. Setelah itu, pasang aplikasi pesan antar yang mempunyai reputasi bagus serta banyak digunakan pada lokasi tersebut.

Dengan menggunakan aplikasi jasa delivery oder, maka pesanan dapat mudah diproses. Jika secara konvensional, Anda membutuhkan restoran dengan biaya tidak sedikit. Kini, sudah bisa mendapatkan peluang penghasilan besar hanya dengan menyewa dapur serta memilih mitra aplikasi terbaik. 

Everplate, Jasa Penyedia Layanan Ghost Kitchen

Jika Anda bingung memilih penyewa dapur terbaik, maka coba menyewa di everplate.co.id. Ini adalah jasa Dapur Virtual yang telah dipercaya brand restoran ternama. Anda akan dibantu mengembangkan bisnis dengan mendapatkan pelanggan jauh lebih banyak lagi. Dapatkan pula berbagai fasilitas lengkap di dalamnya.

Itu dia ulasan tentang jenis dari Ghost Kitchen dari everplate.co.id. Anda bisa memilih sesuai kebutuhan dan menggunakan jasa sewa yang sudah terpercaya. 

Sumber gambar: In Two Homes