Sambil berbisnis sambil menyelamatkan bumi? Apakah bisa?Tentu saja bisa.

Tidak bisa kita pungkiri planet tercinta kita semakin memprihatinkan. Kita juga dihadapkan fakta kita butuh bekerja atau berbisnis untuk melanjutkan kehidupan.

Banyak fakta-fakta menyedihkan betapa manusia banyak yang abai dan tidak bertanggung jawab pada lingkungan tempat tinggalnya. Menjaga lingkungan merupakan tanggung jawab bersama. Sekarang rasanya semakin urgen dan mendesak. Ini merupakan hal mulia dan semoga niat selalu terjaga tulus. Bisnis menjaga lingkungan apakah bisa? Tentu bisa. Penasaran, simak 5 ide bisnis ramah lingkungan berikut ya.

1. Bisnis Pengolahan Sampah menjadi Produk Fesyen

Sumber gambar: https://startic.co/hubungi/?lang=id

Mendaur ulang sampah menjadi produk dengan nilai jual tinggi memang tidak mudah. Namun bukan berarti tidak bisa. Aku pribadi sangat ingin punya bisnis seperti ini. Aku pernah punya kenalan yang bisa buat tas cantik banget dan itu dari sampah plastik. Namun dia menggunakan teknologi dan bahan kimia bagus sehingga produknya tampak sangat berkelas dan kuat.

2. Bisnis Makanan atau Restoran Vegan/vegetarian

Sapi adalah sumber gas rumah kaca pertanian No. 1 di seluruh dunia. Setiap tahun, seekor sapi akan menyemburkan sekitar 220 pon metana. Metana dari ternak berumur lebih pendek daripada karbon dioksida tetapi 28 kali lebih kuat dalam menghangatkan atmosfer, kata Mitloehner, seorang profesor dan spesialis kualitas udara di Departemen Ilmu Hewan.

Sudah dapat dipastikan kita mesti membatasi konsumsi daging sapi ini. Selain masalah kontribusi pada krisis iklim. Daging sapi membawa banyak sumber penyakit. Memang sudah saatnya kita mengorbankan kenikmatan. Makanan vegan sangat sehat. Makanan non hewani juga mengandung banyak zat yang menangkal radikal bebas sehingga bisa melindungi dari banyak penyakit mengerikan. 

Aku pribadi sudah observasi bisnis ini masih sangat prospektif. Orang-orang banyak membutuhkan makanan vegan untuk varian dan juga untuk diet sehat. Banyak juga orang yang semakin menyadari untuk menghindari kekejaman pada binatang.

3. Bisnis Pembungkus Makanan Organik

Sekarang sudah banyak inovasi pengganti plastik sebagai pembungkus makanan. Ada yang menggunakan kertas organik yang artinya kertasnya akan hancur dan terurai alami di tanah. Bisnis ini prospektif juga karena masyarakat memerlukan alternatif pembungkus makanan yang ramah lingkungan. Bahkan bisa bekerja sama atau berkolaborasi juga dengan banyak perusahaan f n b yang juga concern dengan isu krisis iklim.


Baca juga:

Aplikasi Belajar Online, belajar seru sambil dapat hadiah

Panduan untuk yang baru mulai belajar bahasa Inggris

Tips meningkatkan self-esteem

Tips bersabar di tengah pandemi

How to use ICT to improve your English

Tips berhemat ala mahasiswa


4. Bisnis Pembungkus Paket

Lelah juga kan melihat bubble wrap? Memang sih lucu dan bikin paket jadi aman, tapi kalau menunggu ratusan dan ribuan tahun supaya mereka bisa terurai tentu ini bisa kontribusi planet bumi menjadi semakin terluka. Eits tapi sekarang sudah ada alternatif yang ramah lingkungan loh. Menggunakan kertas khusus yang juga terbuat dari kertas sampah yang tidak terpakai. Tentu ide ini sangat prospek yaaa sobat pembaca karena pasti sudah banyak juga yang mulai concern dengan bubble wrap yang berbahan plastik.

5. Bisnis Penyewaan Apapun

Perilaku konsumerisme walau tidak sepenuhnya negatif, ternyata memiliki kontribusi pada planet. Ada baiknya kita mulai dari sekarang menjadi lebih menyadari. Jika bisa pinjam/sewa maka lebih baik. Karena ketika di penyewaan barang tersebut bisa menjadi lebih berguna untuk banyak orang.

Bisa mulai dari benda-benda yang dibutuhkan banyak orang. Contohnya alat transportasi, alat-alat hiburan/piknik, alat masak dan alat hobi lainnya.

Ngomongin soal bisnis tentu kita perlu alat dong ya supaya transaksi terekam jelas. Rekaman yang jelas sangat krusial untuk mengukur usaha dengan baik. Aku rekomendasiin software akuntansi yang namanya kledo. 

Software ini bisa banget untuk buat invoice. Jadinya kita sangat terbantu dan tidak perlu manual kan. Kece parah sih ini.


Bonus:

Bisnis Toko Bibit atau Wisata Kebun Alam/Buah


Di masa pandemi orang-orang mulai bosan dan butuh aktivitas yang menyenangkan. Ternyata membuka bisnis toko bibit juga menjadi hal yang menjanjikan. Orang-orang banyak yang lelah dan butuh healing. Alam yang hijau atau objek hijau dapat menjadi sumber penyembuhan bagi banyak orang.

Memulai bisnis ini juga sangat baik karena tumbuhan berkontribusi pada gas oksigen gas yang baik untuk atmosfer. Menanam pohon juga sangat dianjurkan karena banyak manfaatnya.

Saat ini ada hampir 8 miliar orang di Bumi. Jika setiap orang menanam pohon setiap tahun selama 20 tahun ke depan, itu berarti sekitar 160 miliar pohon baru.

Karbon dioksida adalah gas utama yang menyebabkan pemanasan global. Melalui fotosintesis, pohon dan tanaman lain mengubah karbon dioksida dari atmosfer menjadi karbohidrat, yang mereka gunakan untuk membuat batang, daun, dan akar.

Jumlah karbon yang dapat disimpan pohon sangat bervariasi. Itu tergantung pada spesies pohon, di mana ia tumbuh dan berapa umurnya.

Katakanlah rata-rata pohon membutuhkan 50 pon karbon dioksida per tahun. Jika seseorang menanam pohon setiap tahun selama 20 tahun - dan masing-masing bertahan, yang sangat tidak mungkin - 20 pohon itu akan memakan sekitar 1.000 pon, atau setengah ton, karbon dioksida per tahun.

Rata-rata orang di Amerika Serikat menghasilkan 15,5 ton karbon dioksida per tahun dibandingkan dengan 1,9 ton untuk rata-rata orang di India. Ini berarti bahwa jika setiap orang di A.S. menanam satu pohon per tahun, itu hanya akan mengimbangi sekitar 3% dari karbon dioksida yang mereka hasilkan setiap tahun, setelah semua 20 pohon matang. Tapi, itu akan mengimbangi 26% untuk seseorang di India.

Menanam pohon tentu merupakan bagian dari solusi perubahan iklim, tetapi ada yang lebih penting, kita mesti mendukung banyak kampanye hijau dan terlibat aktif di dalamnya. 

Sekian ide bisnis yang dapat aku bagikan hari ini. Semoga bermanfaat. Komen dibawah kalau kamu sudah memulainya yaa. Akan dengan senang hati aku dukung sepenuhnya <3

Sampai jumpa di artikel selanjutnya yaaa Bund n Sist.