Istilah-istilah Singkatan Motor Honda dan Artinya

Saya juga sama seperti kamu yang awam tentang sepeda motor. Sebelum membeli ada baiknya saya riset terlebih dahulu. Apalagi membeli motor tidak bisa sembarangan seperti membeli makan siang. Konsekuensi pembelian motor akan dibawa bertahun-tahun. Makanya perlu hati-hati.

Saya termasuk yang punya rasa ingin tahu cukup tinggi terhadap barang yang akan saya beli. Di postingan kali ini saya akan merangkum dan meringkas 9 istilah yang melekat pada produk-produk motor Honda.

1. CW

CW merupakan singkatan dari Cast Wheel. Ini memiliki arti yaitu motor tersebut menggunakan Palek Resing (Velg Racing). Palek resing setelah saya google ternyata kerangka besi tempat peletakan ban. Ya mesti saya juga ga tau pasti tipe-tipe lain kerangka besi di dunia permotoran wkwk.


2. ISS 

ISS adalah singkatan dari Idling Stop System. Artinya yaitu fitur tehnologi yang memungkinkan mesin mati sendiri setelah berhenti lebih dari 3 detik. Tapi jangan khawatir, mesin otomatis menyala kembali saat tuas gas diputar. Teknologi ini diklaim membantu mencegah bahan bakar terbuang sia-sia. Jadinya bisa lebih irit, ramah lingkungan. Diklaim menjaga performa mesin dan aki untuk tetap optimal.

Sepertinya ini fitur yang banyak diinginkan konsumen. Tentu dong ya bagi saya sendiri pertimbangan keawetan mesin dan bahan bakar adalah nomor satu.


3. CBS

CBS adalah singkatan dari Combi Brake System. Ini adalah sistem pengereman yang membantu menyeimbangkan pengereman roda belakang dan depan secara optimal. Pengoperasian rem dengan menarik tuas rem kiri, rem depan, rem belakang dapat berfungsi dengan tepat dan menjadi mudah. Kesimpulannya jadi bisa dikatakan motor dengan sistem CBS berarti hanya cukup menarik satu tuas rem tapi hasilnya roda depan dan belakang motor juga ikut melambat/nge-rem.


Baca juga:


4. FI atau PGM-FI

FI adalah singkatan dari Fuel Injection. FI memiliki arti bahwa sistem injeksi bahan bakar elektronik digital. Sistem FI yang diberikan oleh Honda untuk mesin pembakaran memasok bahan bakar dan oksigen secara tepat sesuai kebutuhan mesin di setiap keadaan. Teknologi ini digunakan sejak akhir 1980-an dan di terapkan pada sepeda motor, mobil, dan mesin tempel. Sistem injeksi ini mengunggulkan peran berbagai komponen sensor. Komponen sensor kemudian mengirimkan sinyal informasi ke pusat kontrol mesin ECM (Engine Control Module). Setelah itu kemudian memberikan sinyal perintah ke komponen keluaran di dalam mesin untuk menghasilkan tenaga maksimal secara efisien dengan emisi yang diklaim ramah lingkungan.


5. PCX

Motor PCX yang sudah diluncurkan dari 2009 dan baru booming di kota saya di tahun 2019-sekarang ini ternyata merupakan singkatan dari Personal Comfort Xaloon. Xaloon yang dimaksud bukan salon tempat perawatan rambut ya. Saloon adalah kosakata bahasa inggris jadul yang memiliki arti tempat nongkrong atau bar. Arti dari PCX itu sendiri ternyata kenyamanan berkendara guys. 


6. GTR

GTR merupakan akronim yang sering ditemui di beberapa tipe motor Honda. Ini adalah akronim yang maknanya Grand Touring. Artinya yaitu walau dirancang untuk kebutuhan konsumen memakainya sehari-hari, namun juga nyaman di bawa dalam perjalanan jauh. 


7. ABS

ABS merupakan singkatan dari Anti-lock Braking System. Bahasa Indonesia dari ABS yakni rem anti terkunci. ABS merupakan sistem pengereman pada motor agar tidak terjadi penguncian roda ketika terjadi pengereman mendadak/keras.

Teknologi ini pada dasarnya ditujukan untuk keamanan dalam berkendara dan terletak pada sistem pengereman yang terdapat pada motor. Kejadian yang diutamakan yaitu ketika berada di jalan yang licin atau pada saat terjadinya pengereman secara mendadak. Sistem ini bisa untuk menghindari resiko terjadinya kecelakaan motor sedini mungkin. Bahkan, menurut Insurance Institute for Highway Safety (IIHS), ternyata terdapat 37% lebih banyak jumlah kecelakaan yang terjadi pada motor non-ABS dibandingkan dengan motor yang dilengkapi dengan sistem pengereman ABS.

 

8. R

Dilansir dari situs otomotif terpercaya, R artinya Race oriented. Di persiapkan untuk pemakaian yang sedikit ekstrim dengan kecepatan yang lebih daripada biasanya. Meski saya gak sepenuhnya setuju dengan olahraga balapan yang stigmanya yaitu olahraga yang rentan celaka hiksss. But normalize learn, relearn, dan unlearn yaaa, sapa tau saya tar berubah pikiran/pendapat tentang olahraga balapan ini.


9. RR

RR artinya yaitu Race Replica. Ini mungkin levelnya diatas R ya karena double huruf R nya. Ini sudah di tahap replikanya motor balap, wahhh.


Sekian dari saya, sampai berjumpa di tulisan selanjutnya. Tulis ya di kolom komentar siapa tau ada istilah lain yang kamu kepo juga:). Terima kasih sudah berkunjung <3.


Sumber tulisan:

https://www.hondamitrajaya.com/s/apa-perbedaan-honda-cw-cbs-dan-iss/

https://www.hondamitra.com/s/apa-itu-pgm-fi/

https://www.gridoto.com/read/221281300/belum-banyak-yang-tahu-ternyata-ini-lho-arti-singkatan-pcx

https://otorider.com/berita/2016/ini-makna-kata-gtr-di-honda-supra-gtr-150-iniijhj150

https://www.hondacengkareng.com/teknologi-abs-anti-lock-braking-system/

https://otomania.gridoto.com/read/242298434/ini-lho-arti-4-huruf-r-di-honda-cbr1000rr-r-ternyata-penuh-makna?page=2