Mengenal dan mengatasi sarkopenia

Hello sobat pembaca. Kembali lagi dengan Kiky dalam artikel terbaru mengenai dunia kesehatan. Di sini ada yang pernah mendengar Sarkopenia? Apakah Sarkopenia hal yang tidak baik sehingga mesti diatasi?

Penasaran?

Yuk simak postingan berikut ini ya.

Pasti banyak yang penasaran apa itu sarkopenia? Jadi dilansir dari situs kesehatan terpercaya, SehatQ, Sarkopenia adalah suatu keadaan atau kondisi hilangnya kekuatan fungsi dan massa otot yang mengakibatkan lansia lebih berisiko untuk mengalami jatuh. 

Sarkopenia menyebabkan tubuh menjadi lebih lemah dan bisa menjadi penyebab kelelahan kronis. Sarkopenia juga mengakibatkan kesulitan bagi lansia untuk mengangkat benda. 

Sarkopenia disebabkan oleh 3 hal yakni gaya hidup yang kurang aktif bergerak alias minimalnya aktivitas fisik, asupan nutrisi yang kurang yakni kalori dan protenin, dan peradangan atau penyakit kronis.

Namun tidak perlu terlalu khawatir, di setiap situasi selalu ada solusi. Sarkopenia dapat diatasi dengan melakukan 10 langkah gaya hidup sehat sederhana. 10 langkah tersebut yakni olahraga teratur, hindari olahraga berlebihan, menjaga berat badan ideal, jaga keseimbangan hormonal, hindari duduk terlalu lama, berjemur di pagi hari, minum air putih yang cukup, tidur yang cukup, memperhatikan postur tubuh, dan terakhir yakni mencukupi kebutuhan nutrisi untuk otot.

Disarankan untuk berolahraga seperti latihan ketahanan atau aerobik sebanyak minimal 2-4x dalam seminggu. Menyambung ke langkah yang kedua, jangan pula berolahraga yang berlebihan. Segala sesuatu yang berlebihan tidak baik. 

Gaya hidup juga mempengaruhi kondisi otot. Meski terpaksa harus duduk, jangan lupa lakukan peregangan tiap 15 menit agar otot jadi lebih sehat dan terhindar dari penyakit.

Memperbaiki gaya hidup menjadi lebih aktif tentu akan sia-sia apabila tidak dibarengi dengan nutrisi yang sehat. Tubuh membutuhkan nutrisi yang baik agar otot tetap sehat dan tidak berkurang massanya. Lansia yang lebih rentan sarkopenia dianjurkan untuk meningkatkan konsumsi protein. Tidak hanya protein saja, vitamin D, kalsium dan lemak sehat omega-3 juga membantu menjaga kesehatan otot. 

Sudah sepatutnya gaya hidup dan nutrisi yang baik menjadi prinsip dalam hidup agar dapat hidup lebih sehat dan baik sehingga berhasil mencapai potensi masing-masing individu.

Baca juga:

Tips Olahraga dan Diet untuk Kesehatan Jantung

3 Tips Atasi Gangguan Mood