E-commerce Enabler

Halo Sobat Pembaca semuanya. Topik postingan kali ini memang cukup serius. Tapi aku rasa akan membangkitkan kesadaran banyak orang. Jujur saja, pasti dari kita banyak kan yang punya bisnis online? Nah, aku juga punya small business tapi sayangnya dia seperti terlantar hiksss ._. 

Sekarang ini aku masih berjuang skripsi, kerja, dan justru small business aku malah tidak tergarap dengan baik. Rasanya mungkin banyak yang bisa relate ya… Di sinilah peran enabler dibutuhkan. 

Namun enabler yang aku bicarain kali ini adalah enabler untuk brand yang sudah mungkin menjalankan usahanya untuk sekian waktu dengan omset yang sekian. Brand yang disasar yakni ingin meningkatkan performa bisnisnya. 

Tiada salahnya juga kita belajar mengenai enabler ini meskipun brand milik kita sendiri masih punya banyak PR. Suatu saat kita juga tidak pernah tahu. Kita bisa saja menggunakan jasa enabler ini juga kan.

Mungkin banyak yang penasaran juga, apa sih Enabler itu?

Enabler berasal dari bahasa Inggris. Di lansir dari Cambridge Dictionary, artinya yakni something or someone that makes it possible for a particular thing to happen or be done. Sesuatu atau seseorang yang membuat hal tertentu itu terjadi.

Dalam istilah bisnis, ini aku ambil dari website Shopee, Enabler artinya mitra yang mendukung Penjual Shopee dengan memberikan berbagai layanan. Contoh layanannya yakni berupa jasa pergudangan, penyelesaian pesanan, operasional toko, manajemen produk, pelayanan interaksi digital, pemasaran, serta pelayanan Pembeli.

Menurut aku enabler adalah salah satu bidang pekerjaan baru yang muncul akibat perkembangan dunia digital kan. Perkembangan E-commerce membuka banyak peluang kepada manusia untuk menggunakannya untuk kemaslahatan dirinya dan juga banyak orang. 

Baca juga: 


Sebaiknya memang kita tingkatkan ilmu kita terlebih dahulu yaa, kenapa mesti menggunakan enabler?
AHA Commerce Enabler Shopee
AHA Commerce merupakan Enabler Jakarta. AHA Commerce sudah lulus sebagai Shopee Certified Enabler. Dilansir dari halaman pusat edukasi Shopee, Shopee-Certified Enablers Program ini juga adalah program penghargaan bagi para Enabler yang memberikan layanan operasional dengan sangat baik dan secara aktif mengembangkan bisnis mitranya di Shopee.

Mungkin sudah banyak juga ya Enabler Shopee di luar sana, tapi apa yang membedakan AHA Commerce dari yang lainnya? Tentu saja dari keunggulannya yaa. Sistem kerja di AHA Commerce ternyata lebih berorientasi pada data dibandingin cuman bergantung dengan memberikan banyak diskon gede. 

Tidak hanya itu saja AHA juga punya robot yang bisa membuat keputusan terhadap pemilihan harga yang tepat, produk bundling, diskon voucher, sampai juga dengan penentuan produk mana yang perlu perhatian lebih. Sistem yang selektif ini membuat profitability tetap terjaga dengan baik. 

Kembali ke tujuan awal yakni meningkatkan performa, mungkin banyak yang belum tahu bagaimana AHA Commerce melakukannya?

Nah AHA Commerce yang sudah berdiri sejak 2011 melakukan 6 hal untuk mencapai tujuan bisnis brand. Ke-6 hal tersebut yakni:
1. Pembuatan konten
2. Pemenuhan pesanan
3. Manajemen inventaris
4. Dukungan pelanggan
5. Digital Marketing
6. Laporan  Dashboard

Setelah membaca keunggulan kadang kita perlu data juga kan ya. Action speaks louder than words ini aku banget. Nah untuk buktinya, bisa dilihat di 2 statistik yang aku share ya.

Brand pertama yakni Brand Just Miss, aku pernah beli lipsticknya si emang cantik banget warnanya hihi. Nah rekor omset bulanan brand Just Miss meningkat 277% dibandingkan dengan omset bulanan tertinggi pada saat dikelola oleh Shopee. Tingkat konversi juga meningkat dari rata-rata bulanan 4.6% menjadi 4.9% (artinya lebih banyak ±7% pengunjung menjadi pembeli). 

Data sebelum dan sesudah di handle AHA Commerce

Ga cukup 1 bukti, aku juga bakal share bukti kedua. Brand kedua yakni brand peralatan rumah dari plastik yakni Shinpo. Hanya dalam 2 bulan saja, rekor omset bulanan meningkat 112% dibandingkan dengan omset bulanan tertinggi pada saat dikelola oleh Shopee.

Data sebelum dan sesudah di handle AHA Commerce

Sekarang jadinya sudah tidak perlu lagi ya meragukan AHA Commerce ini. Statistik tentu ga bisa menyembunyikan prestasinya. 

Oh ya, apa kamu akan jadi brand selanjutnya? AHA Commerce juga saat ini sedang mencari new brand partners buat kamu yang jualannya di Shopee. Dengan bekerja sama dengan AHA Commerce, tentu tujuan bisnis kamu bisa tercapai dan lebih terukur yaaa.

Sekian sharing hari ini, semoga bermanfaat.