Serba serbi kehamilan

Hello Bund dan Sist semua pembaca setia blog It’s Kiky. Kali ini aku mau sharing seputar kehamilan. Kehamilan adalah sesuatu yang magical, rentan, dan sakral. Perempuan wajib membekali diri dengan ilmu ini supaya bisa melindungi janin dengan baik kelak. Melindungi janin penting supaya dia bisa lahir sehat dan cerdas sehingga bisa hidup dengan baik. Artikel serba serbi kehamilan kali ini terdiri dari 3 bagian. Yang pertama yaitu Tips Mudah Hamil, Cara Menghitung Usia Kehamilan, dan terakhir Tips Ibu Hamil.

✨Tips Mudah Hamil✨

Nah untuk mudah hamil bisa mulai dengan memperbaiki pola hidup menjadi lebih sehat. Penting juga untuk melakukan konsultasi ya dengan pakarnya. Selain itu juga disarankan untuk lebih menyadari dan menghitung masa subur agar lebih efektif. Kesuburan juga perlu ditingkatkan dengan konsumsi beberapa zat contohnya vitamin K dan asam folat.


Baca juga:

Resep makanan bayi untuk ibu pemula


Cara Menghitung Usia Kehamilan

Terdapat banyak cara dan metode untuk menghitung usia kehamilan. Menghitung usia kehamilan penting supaya kesehatan ibu dan bayi menjadi aman dan selamat. Bahkan pernah ada kasus seorang wanita yang tiba-tiba saja keguguran dan tidak menyadari jika sedang hamil. Ini tentu membahayakan ya dan semoga bisa terhindari Bund dan Sist semuanya. Untuk menghitung usia kehamilan terdapat cara praktisnya yaitu menggunakan kalkulator kehamilan yaa. Kalkulator kehamilan menggunakan metode HPHT atau Hari Pertama Haid Terakhir. Kemudian bisa juga dengan menggunakan metode penghitungan 4 ⅓.

Rumus: usia kehamilan (tanggal sekarang - HPHT) x (4 1/3)

Misalnya:

Tanggal sekarang = 14 Juli 2021

HPHT = 13 Maret 2021

Usia kehamilan berarti: (14-13),(6-3) x (4 1/3) = (tanggal-tanggal), (bulan-bulan) x (4 1/3)

Maka hasilnya adalah: 1 hari, 3 bulan dikalikan 4 1/3

Pada perhitungan terakhir bunda hanya perlu mengambil bulannya saja:

(3x4) + (3x 1/3)

Hasil akhirnya adalah: 12 minggu


Baca juga:

Cara Potty Training


✨Tips Ibu Hamil✨

Ibu hamil sangat disarankan untuk aktif berolahraga supaya nanti otot-otot terlatih dan bisa melahirkan dengan baik. Nutrisi juga sangat perlu diperhatikan. Ibu hamil juga sebaiknya menghindari stress ya karena bisa mempengaruhi kondisi bayi juga.

 

Referensi: 

https://www.generasimaju.co.id/cara-menghitung-usia-kehamilan-dengan-kalkulator-manual

https://www.alodokter.com/merencanakan-kehamilan

Referensi gambar:

unsplash