Aplikasi Belajar Online QuBisa jadikan saya guru kompeten dan percaya diri

Kepercayaan diri dan kompetensi adalah dua hal krusial dalam bidang pekerjaan apa saja. Kedua hal yang perlu ditingkatkan ini menjadi tantangan bagi banyak orang termasuk saya. Simak artikel berikut untuk perjalanan, tips dan sharing pengalaman saya sebagai seorang fresh graduate meningkatkan kemampuan/kompetensi dan kepercayaan diri sebagai guru namun dengan biaya yang gratis dan cara menyenangkan.


Daftar isi:

-Berbagi cerita efek pandemi pada kepercayaan diri

-Makna kepercayaan diri dalam memulai karir

-Pentingnya meningkatkan keahlian untuk bersaing di dunia kerja

-Manfaat kursus online gratis untuk meningkatkan kompetensi dan kepercayaan diri

-Urgensi meningkatkan kemampuan melalui aplikasi belajar online

-Kenapa mesti menggunakan aplikasi siap kerja?

-Tips dan cara belajar efektif melalui aplikasi belajar online

-Review aplikasi siap kerja QuBisa


Berbagi cerita efek pandemi pada kepercayaan diri


Pandemi memang dahsyat dan banyak cerita. Pada akhirnya saya merasakan pengalaman pahit dalam hidup yang merupakan efek dari pandemi. Saya yakin banyak orang juga pernah mengalami hal serupa ini. Ya, saya dirumahkan. Saya kehilangan pekerjaan.


Alasannya waktu itu tentu saja keterampilan saya bukan yang terkrusial untuk yang bertahan hidup. Pekerjaan saya sebagai guru les privat bukan yang terkrusial di masa krisis. Keluarga murid sedang mengalami kondisi finansial yang kurang baik karena penjualan menurun. Mau tidak mau, les bisa ditunda bukan. Masih bisa les kapanpun, uang lebih penting untuk kebutuhan primer. Makan tidak bisa ditunda. Belajar bisa.


Saya meskipun sewajarnya sedih, saya merasa tetap bisa untuk melihat perspektif yang lain. Sudah 5 tahun, saya di zona nyaman mengajar privat. Mungkin ini juga pesan dari Tuhan agar saya meningkatkan kemampuan dan kompetensi mengajar saya untuk mengajar lebih banyak murid lagi. Lebih banyak murid, lebih banyak dampak baik. Upskilling dan reskilling tidak bisa ditawar dan sudah menjadi kewajiban saya.


Aplikasi belajar online membantu menjadi guru kompeten dan percaya diri


Saya mengawali 2021 tentu dengan banyak keresahan karena kehilangan pekerjaan tersebut. Setiap orang tua menelpon jawaban saya selalu sama pada pertanyaan, “Kiky kalau ada masalah bilang ya?”. Masalah saya yaitu saya ingin hidup merdeka dari orang tua saya karena usia saya yang sudah segini.Saya tidak ingin hidup bergantung pada ayah saya baik dalam aspek tempat tinggal, kendaraan, dan biaya hidup. Masalah selanjutnya saya ingin segera menyelesaikan studi saya yang sudah 5 tahun ini. 


Kedua masalah itu saya yakin memang terdapat faktor-faktor yang diluar kendali saya. Contohnya yaitu seperti perpustakaan yang tutup karena pandemi. Pdahal saya perlu referensi bagaimana penelitian saya dijalankan oleh kakak tingkat yang pernah mengambil penelitian yang sama. 


Ketika mencari kerja pun, saya merasa sungguh berkecil hati. Saya sudah beberapa kali tahap wawancara, namun pengumuman diterima tidak kunjung datang. Kepercayaan diri dan mental saya rasanya jatuh dalam. Mungkin sudah saatnya saya berbesar hati untuk mengakui satu hal. Mungkin saja saya memang butuh meningkatkan kompetensi.


Kepercayaan diri saya yang hancur dan kompetensi yang perlu ditingkatkan jadi kata kunci. Kedua hal ini bisa didapatkan jika saya belajar lebih. 


Urgensi meningkatkan kemampuan melalui aplikasi belajar online


Sudah saya tidak punya pekerjaan, otomatis saya tidak punya penghasilan bukan. Di situ walau kondisi saya sulit saya tetap merasa sangat bersyukur dengan kemajuan jaman. Saya bisa memanfaatkan aplikasi berlajar online untuk kursus online gratis. Online menjadi pilihan yang bijaksana karena bikin belajar gak ribet. Saya juga sangat apresiasi lembaga/ahli yang mau berbagi ilmu gratis. Ini mungkin yang disebut rantai kebaikan. Jaman saat mencari ilmu, si ahli diberi ilmu secara gratis karena berkekurangan secara materi, namun akan selalu ada orang baik yang berprinsip ingin menolong dan menjadi sebaik-baik manusia yang berguna sehingga membantu mengajari si ahli ini dulunya. 

Urgensi meningkatkan kemampuan melaui aplikasi belajar online ini karena memang faktanya dunia kerja semakin hari semakin kompetitif. Saya tidak mengada-ngada dan hanya menjabarkan fakta tentang teman saya yang tes CPNS minggu lalu. Untuk 1 posisi penerjemah yang buka, terdapat lebih dari 100 pelamar. Tidak ada jalan lain untuk bertahan selain belajar dan saya bersyukur bisa belajar melalui aplikasi siap kerja QuBisa.


Manfaat kursus online gratis untuk meningkatkan kompetensi dan kepercayaan diri 


Terdapat banyak manfaat dari belajar online. Manfaatnya yaitu:

+Bisa menghindari dari penyakit covid19

+Cocok untuk yang lebih menyukai suasana belajar yang lebih tenang

+Semua bahan pembelajarannya bisa dijelajah lebih luwes dan rapi

+Bisa lebih percaya diri dan nyaman untuk bertanya dengan narasumber atau guru daring

+Terdapat beragam jenis topik yang sesuai dengan kebutuhan

+Terdapat fitur filter sehingga bisa menyesuaikan berbagai kriteria (tipe pembelajaran, peringkat ulasan, durasi)

+Menjadi lebih melek teknologi

+Bisa kustomisasi suasana tempat belajar menjadi lebih menyenangkan seperti menyandar di kursi yang lebih nyaman, menggunakan pewangi ruangan yang bikin relax

+Fleksibel, walau jam 3 pagi pun, materi pembelajaran tetap bisa diakses. Kapanpun dan dimanapun.

+Menjaga lingkungan, karena tidak perlu membeli bensin untuk pergi ke lokasi belajar

+Melatih kedisiplinan dan tanggung jawab, karena pembelajaran bisa dilakukan di rumah dan tidak perlu repot-repot berkendara, kedisiplinan dan tanggung jawab jadi lebih ekstra terlatih, karena ketika belajar online untuk meningkatkan kemampuan pengawasan dan kendali adalah pada diri sendiri.

+Materi pembelajaran bisa di jeda dan diulang-ulang jika belum mengerti.


Meski begitu kursus online gratis juga ada tantangannya yaitu:

-Harus berempati pada yang belum punya device/gawai yang memadai.

-Pengawasan terasa lebih sulit

-Sinyal tidak mendukung dan isu-isu teknis kerap muncul

-Bisa mengganggu konsentrasi. Jika belajar di rumah bisa saja kurang mendukung apabila ada anak bayi, suara motor.

-Hubungan dan interaksi antar murid yang sebatas layar menjadi tidak senyata dan sebermakna di kelas.


Tapi manfaatnya lebih banyak daripada tantangannya yaa, sehingga memang direkomendasikan sistem pembelajaran itu modelnya hybrid sehingga bisa mengatasi tantangan.


Melalui aplikasi belajar online bahkan bisa mempelajari berbagai macam topik kursus yang ada seperti topik cara meningkatkan personal branding. Topik cara meningkatkan personal branding sangat berguna untuk yang berkarir di dunia digital.


Review aplikasi siap kerja QuBisa

Aplikasi Belajar Online QuBisa
Tampilan Beranda yang Rapi dan Sederhana

Aplikasi Siap Kerja QuBisa
Ada artikel menarik untuk mengembangkan diri^^

Secara umum saya terkesima ketika menggunakan aplikasi QuBisa ini. Tampilan antarmuka rapi dan enak dilihat. Ketika saya menggunakan juga aliran dari satu instruksi ke intruksi lainnya sangat menyenangkan dan berjalan lancar.


Sumpah jadinya belajar gak ribet melalui aplikasi siap kerja QuBisa ini. Menurut saya ini merupakan salah satu faktor penting cara belajar efektif. Untuk meningkatkan kemampuan saya mengikuti tiga kursus. Karena saya sendiri sangat menikmati proses pembelajaran di QuBisa, saya jadinya ketagihan belajar hihi. Belajar mesti tiap hari kan ya. Kursus pertama yaitu kursus online gratis dari Bu Susi yang merupakan panutan saya. Beliau sosok yang penuh nilai-nilai baik. Dia wanita kuat, kompeten dan penuh kasih sayang terhadap sesama. 

Kursus online gratis buat belajar jadi menyenangkan
Belajar online bersama ibu Susi

Kursus yang kedua yakni kursus berbayar namun terjangkau. Kursus ini penting dan relevan dengan pilihan karir saya.


Kursus yang ketiga tipenya yaitu belajar kilat atau microlearning seputar hobi saya menulis. Life-work balance adalah aspek penting yang tidak bisa di tawar bagi saya. Healing sangat krusial dan penting.


Ketiga Topik kursus yang saya ambil yakni sangat relevan di era yang VUCA seperti sekarang. VUCA sendiri artinya Volatile (Cepat berubah), Uncertain (Tidak pasti dan tidak tentu), Complex (Kompleks), dan Ambiguous (Ambigu/multitafsir).


Dari beliau saya belajar banyak hal. 20 menit jadi tidak terasa. Saya belajar ternyata percaya diri perlu diciptakan.


Terdapat fitur filter yang keren. Filter tersebut membantu menemukan kursus yang sesuai kriteria. Contohnya mau belajar dengan jenis pembelajaran online yang seperti apa, apakah mau one-time seperti webinar, atau sistem bimbingan/kelas, kursus gratis, atau kursus berbayar, microlearning, kelas terpopuler, kelas siap kerja.


Teruntuk yang semangat belajar meningkatkan kemampuan belajar melalui aplikasi kece ini, silahkan yaa ini saya kasih juga tautan untuk unduh aplikasi:)


Sebenarnya saya sendiri berarti sudah mengambil 4 kursus, saya pernah ikut kursus tentang karma juga hihi. Belajar dengan cara menyenangkan ternyata bisa menyebabkan adiksi yaaa.


Kalau penasaran review saya tentang karma bisa dibaca di sini ya:

Pengalaman kursus online gratis tentang karma


Aplikasi belajar online QuBisa ini bisa bantu sobat semua mengembangkan diri, upskilling dan reskilling, upgrade ilmu, meningkatkan ilmu personal branding, coaching, mentoring, dan hal menyenangkan lainnya💕


Thank you for reading! XOXO <3


Gambar oleh Risky Supriati.

Infografis oleh Risky Supriati.

Video oleh Risky Supriati.


Baca juga:

Panduan untuk yang baru mulai belajar bahasa Inggris

Tips meningkatkan self-esteem

Tips bersabar di tengah pandemi

How to use ICT to improve your English

Tips berhemat ala mahasiswa


Aplikasi belajar online QuBisa mengadakan lomba blog

QuBisa juga sedang mengadakan kompetisi blog loh sobat. Seru abis karena topiknya menyenangkan bagi yang suka belajar. Deadlinenya juga lumayan panjang, jadi bisa khusyuk riset dan develop konten. Mari ikut karena dengan ikut lomba ini keterampilan dan pengetahuan meningkat <3. Siapa tahu juga rezeki kan^^ Goodluck! Hwaiting!